Puluhan Ribu Peserta Reuni PA 212 Tertahan di Luar Monas

02 Dec 2018 10:59 Nasional

Lapangan Monas sepertinya terlalu kecil untuk menampung luapan peserta Reuni PA 212, yang diperkirakan berjumlah sekitar 500 ribu orang, bahkan ada yang menyebut satu juta orang lebih.

Mereka yang terlambat masuk ke silang Monas, harus rela berdesakan di sepanjang jalan, yang dipenuhi mobil dan sepeda motor.

Beberapa peserta menduga, mobil dan sepeda motor itu sengaja diparkir malang melintang di tengah jalan untuk menghalangi peserta mendekat ke Monas.

Dari pantauan ratusan mobil dan motor itu di parkir di Jl Kwitang, Cikini, dan daerah Tanah Abang. Ini merupakan jalur strategis menuju Monas.

Kecurigaan muncul karena peserta diangkut dengan bus dan diparkir jauh dari Monas. Sedang warga Jakarta memilh jalan kaki.

Tak hanya itu, para peserta bahkan harus mengantre selama kurang lebih 1,5 jam lebih hanya untuk bisa mendekati area Monas.

Nurhayati (46), warga Bogor Jawa Barat yang ditemui di Tugu Tani menceritakan, setelah turun dari Stasiun Gondangia tadi pagi, dia rela berjalan kaki untuk bisa sampai ke Monas, pusat acara Reuni Akbar 212. Jarak Stasiun Gondangdia ke Monas sekitar 2,1 km.

"Saya dari Stasiun Gondangia itu tadi sampai jam setengah tujuh (06.30 WIB). Ini baru sampai sini (simpang Tugu Tani) hampir satu jam setengah lah," kata Nurhayati Minggu, (2/12/2018).

Kendati demikian, kondisi itu tak menyurutkan niat Nurhayati dan kawan-kawan untuk menghadiri acara Reuni Akbar 212. Meski harus berdesak-desakan, para peserta terus melantukan selawat sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera tauhid yang mereka bawa.

Reuni juga diisi orasi secara bergantian diawali rekaman pidato Habib Rizik, Hidayat Nurwahid. Sejumlah tokoh alumni 212 datang ke Monas sejak subuh diantaranya Amien Rais yang tiba di Monas, pukul 04.08 WIB.

Dewan Kehormatan PAN ini mengenakan baju koko putih dan penutup kepala berwarna hitam yang bertuliskan kalimat tauhid.

Kemudian juga hadir Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan Sekjen PKS Mustafa Kamal hadir.

Juga terlihat Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno b Slamet Ma'arif dan Ketua FUI Al Khaththath.

Gerindra diwakili oleh Fadli Zon. Hadir juga eks Menpora Adhyaksa Dault, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. 

 

Secara umum reuni PA 212 di Silang Monas berjalan tertib. Beberapa simpul jalan macet dampak dari luapan massa peserta Reuni Akbar PA 212. (asm).

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini