Situasi rapid tes di Unair untuk peserta UTBK. (Foto:Pita sari/Ngopibareng.id)

Dibantu BIN, Peserta Ujian UTBK di Unair Bisa Rapid Test Gratis

Pendidikan 05 July 2020 09:30 WIB

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama, berlangsung pada Minggu, 5 Juli 2020. Di Universitas Airlangga Surabaya (Unair), puluhan peserta terlihat mengunakan fasilitas rapid test yang disediakan oleh Unair atas bantuan dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

Puluhan peserta tersebut mengaku tidak mengetahui adanya syarat harus melakukan rapid tes sebelum melakukan UTBK. Menurut data yang himpun panitia, hingga pukul 08.40 WIB, ada sekitar 27 peserta yang mengikuti rapid tes gratis tersebut.

Salah satu peserta UTBK yang mengikuti rapid tes gratis tersebut, Fira Safira asal Sumenep, Madura mengatakan, tidak mengetahui informasi mengenai rapid test sampai ia tiba di Unair pagi ini.

"Saya kira tidak usah rapid test di Unair. Tapi ternyata harus rapid juga. Tadi baru tahu karena dikasih tahu petugas," kata Fira ditemui usai melakukan rapid tes. Fira pun bersyukur meski mendadak mengikuti rapid tes, dirinya ternyata non reaktif.

Sementara menurut penuturan, Suko Widodo Ketua Pusat Informasi dan Kehumasan Unair, mereka mendapatkan bantuan alat rapid test sebanyak 4.000 dari Badan Intelijen Negara (BIN) dan 2.000 dari BPBD Jatim.

Diketahui, rapid test gratis yang digelar panitia pusat UTBK ini digelar sekitar satu jam sebelum ujian dimulai, yakni pada pukul 08.00 pagi ini.

Rapid test ini diselenggarakan tepat di depan gedung Airlangga Convention Center (ACC) kampus C. Di setiap kampus Unair juga diketahui menyiapkan tempat rapid test bagi peserta UTBK yang belum melakukannya.

Bagi peserta yang sudah mendapat hasil non reaktif, mereka bisa langsung menunggu di tempat tunggu yang disediakan peserta sebelum masuk ke ruangan ujian.

Suasana UTBK di Unair Minggu 5 Juli 2020 Pita SariNgopibarengidSuasana UTBK di Unair, Minggu 5 Juli 2020. (Pita Sari/Ngopibareng.id)
Persyaratan sebelum peserta UTBK mengikuti ujian di Unair Pita SariNgopibarengidPersyaratan sebelum peserta UTBK mengikuti ujian di Unair. (Pita Sari/Ngopibareng.id)

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...