Pulau Malamber, Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Wikipedia)

Pulau Malamber Diduga Dijual Murah hanya Rp2 Miliar

Nasional 22 June 2020 00:12 WIB

Kabar penjualan Pulau Malamber, Mamuju, Sulawesi Barat, seharga Rp2 miliar kepada Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Abdul Gafur Mas'ud, menjadi perbincangan hangat masyarakat Sulawesi Barat.

Pulau Malamber adalah satu dari 41 pulau kecil yang ada di Sulawesi Barat. Salah satu pulau dari 12 pulau di gugusan Kepulauan Balabalakang, Kabupaten Mamuju ini, memang punya potensi ekonomi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Apalagi jika nantinya ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur, Pulau Malamber yang secara geografis lebih dekat ke Pulau Kalimantan dianggapnya bisa jadi ladang investasi menjanjikan.

Saat ini, Pulau Malamber telah ditetapkan sebagai pusat konservasi penyu oleh Gubernur Sulawesi Barat. Sebelumnya, ada 12 kepala keluarga (KK) yang menjadikan kawasan ini sebagai pemukiman. Namun, jumlah penghuninya turun drastis karena terjadi abrasi. Kini hanya empat KK yang tinggal di sana.

Terkait dugaan adanya jual beli pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Balabalakang, Mamuju, Sulawesi Barat, itu kini dalam penyelidikan Polres Mamuju.

Kasus ini mencuat pertama kali dari Camat Balabalakang, Juara, yang mengungkapkan adanya penjualan pulau itu. Dia pun sudah menjalani pemeriksaan. Dalam keterangannya kepada polisi, Juara mengklaim Abdul Gafur Masud sudah membayarkan uang muka sebesar Rp200 juta kepada salah satu warga yang menjual pulau tersebut. Untuk memastikan adanya praktik jual beli pulau, polisi juga memeriksa warga yang tinggal di sekitar Pulau Malamber.

Sejumlah pejabat dari Pemerintah Kabupaten Mamuju dan Badan Pertanahan Nasional Mamuju sudah dipanggil terkait masalah ini.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 14:20 WIB

Pelanggar Protokol di Kota Malang Terbanyak, ini Kata Walikota

Jawa Timur

Kota Malang peringkat pertama pelanggar protokol kesehatan.

18 Sep 2020 14:05 WIB

Ditilang Karena Tak Bermasker Dalam Mobil, Ini Kata Jubir Satgas

Nasional

Penggunaan masker dalam mobil tetap diharuskan karena berada di luar rumah

18 Sep 2020 13:45 WIB

Surabaya Masuk Daftar Kandidat Tempat Pembukaan Piala Dunia

Dunia

Menpora nilai Surabaya paling siap.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...