Kawasan religi, Makam Sunan Ampel, Surabaya, (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Puasa Hari Pertama, Kawasan Ampel Masih Sepi

Tradisi 06 May 2019 19:24 WIB

Kawasan religi Ampel Surabaya terlihat masih sepi di hari pertama puasa, Senin 6 April 2019. Peziarah pun tak terlihat ramai seperti hari-hari biasanya.

Bahkan saat menjelang berbuka, pengunjung yang berada di Masjid Ampel pun tak terlihat penuh. Apalagi di area tempat orang berjualan.

Berdasarkan pantauan tim ngopibareng.id yang sore tadi mendatangi lokasi Makam Sunan Ampel pun bisa dihitung dengan jari. Keramaian baru terlihat di jalan raya sekitar tempat tersebut. Kemacetan ini pun terjadi dikarenakan para pedagang es atau makanan yang berada di badan jalan, untuk menjajakan menu berbuka puasa.

Siti Munaroh, salah satu penjual kurma di kawasan Makam Sunan Ampel pun mengaku memang di bulan puasa ini tidak telalu ramai. Apalagi di awal-awal seperti ini.

Pedagang kurma yang berjualan di depan Masjid Ampel Surabaya Foto HarisngopibarengidPedagang kurma yang berjualan di depan Masjid Ampel, Surabaya. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Ia menyebutkan, biasanya kawasan tersebut baru ramai saat memasuki pertengahan bulan puasa, mulai sore hingga pagi karena banyak orang yang berziarah.

"Memang sepi kalau di awal-awal seperti ini, biasanya ramainya ya nanti pertengahan atau paling tidak masuk malam ke-21," kata dia.

Memang Makam Sunan Ampel biasanya akan ramai ketika memasuki hari ke-21 bulan Ramadhan. Karena banyak peziarah yang datang untuk mencari malam lailatul qadar. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 01:34 WIB

Cegah Pengambilan Paksa Jenazah, Pemkot Malang Ingatkan RS

Jawa Timur

Terkait video viral pengambilan paksa jenazah di Malang.

12 Aug 2020 00:30 WIB

Bertambah 20 Orang, Kasus Covid-19 di Pasuruan Total 737 Kasus

Ngopibareng Pasuruan

Dalam sehari kasus baru covid-19 di Pasuruan bertambah 20 orang.

11 Aug 2020 23:34 WIB

BNI Dukung Ketahanan Pangan Lewat KUR untuk Petani

BNI Peduli

Bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...