Puan-Prananda Kandidat Kuat Ketua Harian PDI Perjuangan

08 Aug 2019 12:58 Politik

Politikus senior PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menyebut Prananda Prabowo dan Puan Maharani menjadi dua kandidat terbaik yang diharapkan bisa mengisi kursi Ketua Harian PDI Perjuangan.

Ada dua hal yang sangat kental dalam diri dua anak Megawati Soekarnoputri ini, yakni idiologi politik yang sesuai dengan semangat perjuangan PDI Perjuangan; serta memiliki garis biologis yang kuat sebagai cucu Soekarno.

"Ada proses regenerasi, namun di satu sisi ada syarat yang tidak bisa ditawar yakni faktor idiologis dan biologis. Dua hal ini yang membuat dua kandidat senter disebut. InsyaAllah keduanya terjaga sebagaimana Ibu Mega," kata Eva kepada wartawan di arena Kongres V PDI Perjuangan di Bali, Kamis 8 Agustus 2019.

Dua cucu Soekarno ini, dinilai akan memiliki kemampuan yang baik sebagaimana yang telah ditunjukkan Megawati dalam memimpin PDI Perjuangan. Selama ini, Mega dinilai telah berhasil dengan baik dalam mengelola PDI Perjuangan.

"Ibu Mega telah menunjukkan pengelolaan PDIP yang sangat baik dikelola secara idiologis. Itu kenapa orang kekeuh gandoli Ibu Mega, karena juga faktor biologis beliau putri Bung Karno," kata Eva.

Terkait siapa nanti yang akan ditunjuk, Eva mengaku sepenuhnya bergantung pada Megawati. Eva sendiri mengaku sangat mendukung siapapun yang akan ditunjuk apakah itu Prananda ataupun Puan Maharani.

"Ibu Mega sebagai formatur tunggal untuk menentukan kabinetnya. Nanti pasti akan dibahas, tapi soal siapa, tentu itu preferensi Ibu Mega. Final decision ada di Ibu Mega," kata dia.

Ketua harian akan dibahas khusus di arena kongres kali ini. Ketua harian berfungsi untuk menangani persoalan sehari-hari partai. Posisi ketua harian, disebut-sebut akan memiliki kewenangan yang hampir setara ketua umum.

Sementara itu kongres kali ini dihadiri sejumlah tokoh di antaranya Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo tiba di Hotel Grand Inna Bali Beach tempat berlangsungnya acara pada pukul 12.36 Wita, Kamis 8 Agustus 2019. Mengenakan kemeja batik lengan panjang, Prabowo tiba dan langsung disambut Yasonna Laoly, Tjahjo Kumolo serta Trimedya Pandjaitan.

Selain Prabowo, sejumlah tokoh dan pimpinan partai politik juga hadir dalam kongres kali ini, mereka di antaranya wapres terpilih, KH Ma'ruf Amin; Ketua Umum NasDem Surya Paloh; Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto; Plt Ketua Umum PP Suharso Manoarfa; serta sejumlah tokoh lainnya. Presiden Joko Widodo serta sejumlah menteri juga hadir dalam acara kali ini.

Pembukaan kongres sendiri dimulai pada pukul 13.00 Wita yang diawali dengan tarian selamat datang, lagu kebangsaan, mars partai, himne partai, dan seremoni pembukaan.

Dalam kongres kali ini, kemungkinan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan dikukuhkan kembali untuk memimpin partai banteng moncong putih ini.

"Pada malam hari nanti sesuai dengan jadwal acara untuk pengukuhan kembali Ibu Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sesaat sebelum kongres dimulai.