Puan Maharani. (Foto: Dewan Masjid Indonesia-Yadi Jentak)

Puan Maharani Ziarah ke Makam Nabi Jelang Ramadhan

Nasional 03 May 2019 06:44 WIB

Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mendapat kesempatan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW yang berada di dalam Masjid Nabawi Madina Al Munawwarah, Arab Saudi, pada Rabu 1 Mei 2019, waktu setempat.

Putri Megawati Soekarnoputri itu mendapatkan akses dari Kerajaan Arab Saudi karena hubungannya yang dekat dengan Raja Salman.

"Sebagai wujud penghormatan Kerajaan Arab Saudi kepada kakek Puan Maharani, Presiden ke-1 RI, Ir Soekarno," seperti disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Di kawasan Masjid Nabawi, Puan juga mendapat pengawalan dari Kerajaan Arab Saudi saat masuk ke Raudlah, serta mendapat bimbingan khusus oleh penjaga makam untuk berdoa di pusara Nabi Muhammad SAW.

Hampir 40 menit Puan berada di dalam Raudlah. Maftuh mengatakan, selama waktu itu, Puan Maharani memanfaatkan untuk melakukan salat sunnah dan berdoa bersama rombongan dari Dewan Masjid Indoneisa.

Sementara, Puan Maharani tampil dalam balutan gamis biru bermotif grafis simpel. Penampilan dipadu dengan celana panjang hitam, sandal bertali merah hitam, serta terlihat memakai cincin di jari manis.

Sambil bersimpuh di dalam makam Nabi Muhammad, Puan Maharani mengenakan ciput dan hijab warna abu-abu yang dibuat menutup dada. Ia juga menyematkan bros cantik warna silver.

Dalam kunjungannya, Puan Maharani didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin sebagai penanggungjawab pelaksana ibadah haji bagi jamaah haji asal Indonesia, juga ikut serta dalam rombongan yaitu Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan Dubes RI untuk Kerajaan Saudi Arabia Agus Maftuh Abiegebril.

Rombongan ini meninjau sejumlah fasilitas jamaah haji untuk pelaksanaan ibadah haji 2019. Di antaranya pemondokan jamaah haji di Mekah dan Madinah, katering untuk jamaah, fasilitas tenda di Arafah dan Mina sebagi tempat puncak ibadah haji, serta klinik kesehatan haji, dan rumah sakit yang diperuntukkan bagi jamaah haji asal Indonesia. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 05:43 WIB

Kaya Semarang, Cingbing dan Kematian yang Sepi

Feature

Drama kematian empat pengusaha kaya di Semarang.

06 Apr 2020 05:19 WIB

Hangout Meet, Bisa 250 Peserta Sekali Meeting Online

Aplikasi

Aplikasi buatan Google ini lagi hipe di masa Work from Home.

06 Apr 2020 04:53 WIB

Mengapa AS Sangat Rentan Covid-19?

Ikhwan Setiawan

Analisis krisis tentang penanganan pandemi Covid-19 di Amerika.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.