Persebaya vs Tira Persikabo. (Foto: Haris/ngopibareng.id)
Persebaya vs Tira Persikabo. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

PT LIB Putuskan Laga Persebaya Vs Makasar Digelar di Balikpapan

Ngopibareng.id Liga Indonesia 11 November 2019 15:26 WIB

Persebaya Surabaya akhirnya bisa menggelar pertandingan yang sempat tertunda menghadapi PSM Makassar, menyusul keluarnya keputusan PT Liga Indonesia Baru yang mengizinkan pertandingan dilaksanakan pada Kamis, 14 November 2019.

Dalam surat nomor 437/LIB/XI/2019 tertanggal 9 November 2019 PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan pertandingan Persebaya melawan PSM Makasar akan dilaksanakan di Stadion Batakan, Balikpapan pada Kamis, 14 November 2019. 

Pertandingan ini seharusnya digelar di kandang Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu, 2 November 2019 pasca melawan TIRA Persikabo yang berakhir rusuh. 

Namun, pihak kepolisian tidak memberikan izin pertandingan tersebut. Padahal PSM Makasar sudah berada di Surabaya untuk menghadapi sang tuan rumah.

Setelah meminta rekomendasi PSSI, PT LIB menetapkan jadwal baru melalui surat dengan nomor 437/LIB/XI/2019.
"Persebaya akan menjamu PSM di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis 14 November 2019 pukul 16.30 WITA," tulis surat yang ditandatangani Direktur PT LIB, Dirk Soplanit.

Sebelumnya, Persebaya sudah mengusulkan agar pertandingan melawan PSM berlangsung di Batakan sesuai jadwal awal. Namun, PSM keberatan karena sudah berada di Surabaya beberapa hari sebelum pertandingan.

PSM menilai perubahan tempat pertandingan yang terlalu jauh mengganggu persiapan. PSM mau bertanding, jika dilangsanakan di sekitar Jawa Timur.

Kubu Persebaya juga sudah berusaha dengan mengirimkan surat lagi ke PT LIB. Dalam surat kedua itu Persebaya meminta pertandingan dilaksanakan di Stadion Surajaya (Lamongan), Stadion Gelora Delta (Sidoarjo), Stadion Gelora Joko Samudro (Gresik), dan Stadion Gelora Bangkalan (Bangkalan). Namun, PT LIB tidak menyetujuinya.

Manajemen Persebaya lalu mengusulkan Stadion I Wayan Dipta (Gianyar), Bali. Tapi, usulan itu ditolak oleh panitia setempat. Panitia menolak dengan alasan aksi suporter Persebaya merusak fasilitas stadion ketika menjamu Persib Bandung, 18 Oktober lalu.

Akhirnya, PT LIB menyetujui pertandingan pekan ke-27 lanjutan Shopie Liga Indonesia ini dilaksanakan di Stadion Batakan, Balikpapan.

Penulis : Haris Dwi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Nov 2020 19:00 WIB

Pemkot Surabaya Kasasi Karanggayam, Bonek: Kami Siap Hadapi

Surabaya

Bonek kecewa atas sikap Pemkot Surabaya.

24 Nov 2020 09:38 WIB

Pemkot Surabaya akan Ajukan Kasasi Sengketa Wisma Karanggayam

Surabaya

Saat pemkot masih lakukan koordinasi dengan jaksa pengacara negara.

18 Nov 2020 13:20 WIB

Persebaya Tagih Janji Pemberian Hak Komersial Klub

Liga Indonesia

Persebaya kecewa dengan janji palsu PSSI dan PT LIB

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...