GBT Tak Masuk Survey Verifikasi Piala Dunia U-20

19 Sep 2019 15:20 Liga Indonesia

Indonesia terus berusaha bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Bahkan demi mencapai hal itu, kini pihak PSSI beserta perwakilan FIFA melakukan inspeksi untuk melakukan verifikasi stadion.

Indonesia mengajukan sebanyak 10 stadion untuk digunakan di ajang tersebut, sebut saja Stadion Gelora Bung Karno, Pakansari, Wibawa Mukti, Patriot Chandrabhaga, Si Jalak Harupat, Manahan, Mandala Krida, I Wayan Dipta, Gelora Bung Tomo, dan Jakabaring.

Namun, PSSI bersama FIFA hanya memilih lima stadion yang disurvey terkait kondisi dan kesiapannya menggelar Piala Dunia U-20. Kelima stadion ini adalah SUGBK, Wibawa Mukti, Mandala Krida, Manahan Solo, I Wayan Dipta.

Menanggapi hal itu, PSSI Jawa Timur tetap berusaha agar Stadion Gelora Bung Tomo dilirik oleh FIFA. Meski tak masuk agenda inspeksi, Asprov PSSI Jatim tetap melakukan Verifikasi sendiri, dan hasilnya akan dikirim ke PSSI Pusat dan FIFA.

"Kami tetap optimistis Stadion Gelora Bung Tomo ini mewakili Jawa Timur sebagai tuan rumah Piala Dunia. Kemarin kami sudah melakukan verifikasi dan hasilnya telah kami kirim ke FIFA," kata Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin, Kamis 19 September 2019.

Amir menyampaikan, tidak hanya stadion GBT saja yang ia kirim hasil verifikasinya ke FIFA. Tapi juga dengan lima stadion pendamping lainnya untuk tempat latihan, seperti Lapangan ITS Surabaya, Stadion Gelora 10 November, Gelora Joko Samudro, Gelora Delta Sidoarjo, dan Lapangan Jenggolo.

"Semua yang telah kami verifikasi kita kirim apa adanya ke FIFA soal kondisi stadion yang kita ajukan, mulai dari lampu, rumput, ruangan untuk tim dan media, akses masuk dan kondisi jalan menuju stadion," tambah Amir.

Setelah dikirim dokumen verifikasi ini ke FIFA, Amir menjelaskan akan mendapat balasan secepatnya soal apa yang harus dibenahi dari stadion tersebut. Selain itu juga federasi juga menanyakan kesiapan terkait persiapan menjadi tuan rumah dengan beberapa renovasi yang dorekomendasikan oleh FIFA.

"Jadi setelah kita kirimkan mereka akan membalas email kami, dengan beberapa catatan apa yang harus ditambah dan diperbaiki. Kalau kita siap maka bukan tidak mungkin kami jadi tuan rumah," lanjut Amir.

Seperti diketahui, hingga kini FIFA berkeliling untuk mengunjungi beberapa stadion yang direkomendasikan sebagai tempat digelarnya Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Amir mengatakan, FIFA ditemani Sekjen PSSI Ratu Tisha dan staf lainnya. Mereka akan melakukan hal ini mulai 16 September hingga 19 September ini.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini