Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: PSSI)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: PSSI)

PSSI Berharap FIFA Restui SUGBK Jadi Kandang Timnas di PD U-20

Ngopibareng.id Timnas 06 March 2020 15:20 WIB

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan keinginannya menjadikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sebagai markas tim nasional selama berlaga di Piala Dunia U-20 2021, sekaligus menjadi tempat pembukaan ajang dua tahunan tersebut.

"Namun, kami tidak bisa memutuskan sendiri. Kami ingin FIFA juga menyetujuinya agar tidak menjadi masalah. Nanti kami akan memberikan gambarannya ke FIFA," kata Iriawan dalam inspeksinya ke SUGBK, Jakarta, Jumat 6 Maret 2020 seperti dikutip dari Antaranews.

Menurut Iriawan, keinginan PSSI tersebut didasarkan pada sejarah panjang SUGBK sebagai stadion kebanggaan rakyat Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1962. Stadion dengan kapasitas penonton lebih dari 75.000 orang itu dinilai PSSI sebagai warisan monumental para pendiri bangsa.

"SUGBK ini stadion monumental, legendaris dan warisan sejarah. Begitu kita masuk ke sini atmosfernya saja luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa berkandang di sini," kata Iriawan.

Sementara terkait fasilitas, Iriawan menyebut SUGBK adalah stadion yang sarana prasarananya terlengkap dari 11 stadion kandidat untuk Piala Dunia U-20.

Beberapa tambahan yang diperlukan seperti ruang penyiaran (broadcast) dan revitalisasi rumput sedang dalam proses pengerjaan dan akan selesai sebelum gelaran Piala Dunia U-20 pada 2021.

"Lainnya mungkin merapikan ruangan saja. Kami akan melaporkan ke pemerintah, dalam hal ini ke Menteri PUPR terkait penambahan fasilitas di sekitar atau di dalam stadion," tutur Iriawan.

Piala Dunia U-20 berlangsung pada 24 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia. Ada 11 stadion yang ditetapkan PSSI sebagai kandidat host city.

Selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), juga ada Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Utama Riau (Pekanbaru).

FIFA akan datang ke Indonesia untuk melakukan inspeksi pada 10 Maret 2020. PSSI menargetkan enam stadion utama Piala Dunia U-20 2021 akan ditentukan dalam kunjungan tersebut.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat memeriksa loker room di ruang ganti pemain di SUGBK Foto PSSIKetum PSSI Mochamad Iriawan saat memeriksa loker room di ruang ganti pemain di SUGBK. (Foto: PSSI)
Ketum PSSI Mochamad Iriawan memeriksa tempat jacuzzi pemain di SUGBK Foto PSSIKetum PSSI Mochamad Iriawan memeriksa tempat jacuzzi pemain di SUGBK. (Foto: PSSI)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berdialog dengan pemasang rumput SUGBK Foto PSSIKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan berdialog dengan pemasang rumput SUGBK. (Foto: PSSI)

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 06:20 WIB

Bekal Umat Terbaik, Ini 25 Kata Hikmah Sehari-hari

Islam Sehari-hari

Umat Islam adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia

28 Nov 2020 05:44 WIB

MUA Bubah Alfian Implan Hidung Keropos Gara-gara Filler

Gosip Artis

MUA Bubah Alfian operasi plastik di hidungnya.

28 Nov 2020 05:23 WIB

Kampanye Pendididikan Vokasi Melalui Lomba Cover Lagu

Pendidikan

Lomba cover lagu Condong Pada Mimpi kampanye pendidikan vokasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...