Pihak PSM ancam tak ikuti Piala Indonesia lagi setelah PSSI resmi membatalkan leg kedua final Piala Indonesia antara PSM Makassar lawan Persija. (Foto: Twitter/@PSM_Makassar)

Ditunda, PSM Ancam Tak Ikuti Piala Indonesia Lagi

28 Jul 2019 19:13

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Laga final leg kedua Piala Indonesia 2018-2019 antara PSM Makassar lawan Persija Jakarta resmi dibatalkan. Pertandingan PSM Makassar kontra Persija Jakarta sedianya bakal digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu 28 Juli 2019 pukul 15.30 WIB tadi. Akibatnya, pihak PSM Makassar mengancam tak akan ikuti Piala Indonesia lagi.

Pertimbangan keamanan terhadap tim tamu, menjadi alasan laga ini batal digelar. Keputusan tersebut diambil setelah Persija sempat menjadi korban pelemparan oknum-oknum tak bertanggung jawab saat selesai melakukan official training, Sabtu 27 Juli 2019.

Saat itu bus yang ditumpangi rombongan skuat Persija dilempar dengan batu-batu sehingga membuat kaca bus tersebut pecah. Kejadian itu bahkan membuat beberapa penumpang bus menjadi korban hingga harus mendapat perawatan medis.

"Atas dasar pertimbangan keamanan dan kenyamanan, laga final kedua Kratingdaeng Piala Indonesia kami tunda," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

PSSI akan segera memutuskan waktu dan tempat pelaksanaan pertandingan final kedua secepatnya.

"PSSI mempercayakan pengembangan sepak bola di Makassar," ujar Ratu Tisha lagi.

Pembatalan ini menyulut kekecewaan pihak PSM yang sudah mempersiapkan kebutuhan pelaksanaan pertandingan. CEO PSM  Munafri Arifuddin pun angkat bicara.

"Kita sudah komunikasikan, bahkan dari tadi malam (Sabtu 27 Juli 2019) Kapolrestabes dan Wali Kota Makassar berupaya agar laga final ini bisa kita selenggarakan. Sampai tadi pagi saya bersama pihak kepolisian setempat untuk memohon kepada Persija, mari kita bertanding hari ini," tutur Munafri di hadapan suporter PSM yang sudah memenuhi tribun Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

"Tetapi dengan alasan stadion ini (Stadion Andi Mattalatta) tidak kondusif, dan setelah PSSI hadir di tengah-tengah kami untuk menyatakan pertandingan hari ini ditunda dan (diminta) mencari tempat lain," tambahnya.

Munafri menyampaikan kepada PSSI, timnya dipastikan tidak akan mengikuti lagi Piala Indonesia bila diminta untuk mencari tempat lain untuk menggelar laga leg kedua final Piala Indonesia.

Pernyataan Munafri ini belum jelas apakah PSM akan mundur dari laga leg kedua final Piala I dan tidak memenuhi permintaan PSSI, atau tetap bertanding untuk terakhir kalinya dan akan absen di Piala Indonesia tahun depan.    

Sementara pihak Persija Jakarta menolak untuk datang ke Stadion Andi Mattalatta karena suasana stadion yang dinilai tidak kondusif bagi tim Persija.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSM, Ali Gauli mengatakan, pertandingan ditunda dan belum bisa diputuskan kapan akan dilaksanakan kembali.

"Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Persija. Mereka belum mau datang ke stadion," terang Ali Gauli.