Pekerja melakukan pembenahan lapangan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu 5 Agustus 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Progres Renovasi GBT 65 Persen, Ini Rinciannya

05 Aug 2020 21:52

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pemerintah Kota Surabaya terus mengebut proses pengerjaan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi salah satu venue pada gelaran Piala Dunia U-20 2021, Mei 2021 mendatang. Bahkan, saat ini diklaim progress telah mencapai 65 persen.

Pemkot, kata Kabid Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Iman Krestian, saat ini telah memenuhi beberapa acuan yang telah diberikan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), namun dari itu masih ada beberapa catatan yang masih perlu dibenahi.

Dari pantauan Ngopibareng.id di lapangan, tampak para pekerja kini terfokus menyelesaikan pengecatan tribun penonton, kemudian proses pemasangan lampu stadion, kemudian pembenahan akses masuk dari ruang ganti pemain atau lobi stadion menuju lapangan, pemasangan AC, dan pemasangan pagar pembatas di beberapa titik.

"Untuk pengerjaan rumput ini kita jadwalkan pada bulan ini sudah mulai pengupasan rumput untuk kita gantikan rumput yang baru, karena memang pengerjaan besarnya disitu. Mungkin dalam 10 hari ini rumput datang dari Tangerang, kemudian estimasi pemasangan dan perawatan bisa sampai Desember nanti," ungkap Iman ketika menemui delegasi PSSI di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu 5 Agustus 2020.

Selain itu, Iman mengatakan, ada rencana lain yakni menyiapkan akses lift dari depan loby yang langsung menuju akses masuk tribun penonton.

Dirinya menyebutkan, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sedang mengajukan permohonan bantuan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam penyiapan semua infrastruktur lain untuk renovasi GBT maupun lapangan pendukung.