Stefan Bradl resmi gantikan Marc Marquez di MotoGP Ceko 2020. (Foto: Twitter @motogp)

Profil Stefan Bradl Gantikan Marc Marquez di MotoGP Ceko

MotoGP 04 August 2020 23:28 WIB

Tim Repsol Honda kehilangan pebalap utama Marc Marquez jelang tampil pada MotoGP Ceko 2020, Jumat hingga Minggu, 7-9 Agustus 2020. Menyusul cederanya The Baby Aliens, Honda resmi mengumumkan pebalap yang akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP Ceko 2020.

"@macmarquez93 tidak akan tampil di #CzechGP karena @stefanbradl6 akan menggantikan #MotoGP Champdo @HRC_MotoGP," tulis akun instagram resmi MotoGP, Selasa 4 Agustus 2020.

"Pertama-tama, aku ingin Marc cepat pulih. Apa yang dia lakukan di Jerez tidak dapat dipercaya, dia menunjukkan bahwa dia memiliki semangat juara sejati," ujar Stefan Bradl seperti dikutip dari Speedweek.

"Saya tidak sabar untuk mengendarai Honda RC213V lagi. Karena pandemi ini, kami tidak dapat menguji seperti biasanya, sehingga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan motor dan MotoGP lagi. Tapi saya sudah beberapa kali menggunakan Superbike, jadi saya tahu kebugaran saya bagus," tambah dia.

Bukan kali pertama Stefan Bradl akan membalap untuk Repsol Honda. Dia pernah menggantikan Jorge Lorenzo di MotoGP Jerman 2019. Saat ini, Stefan Bradl merupakan pebalap penguji di tim Honda. Dia akan mendampingi adik Marc Marquez, Alex Marquez sebagai dua rider Honda di MotoGP Ceko.

Jadwal MotoGP Ceko 2020 akan dimulai dengan sesi latihan bebas pertama dan kedua, pada Jumat 7 Agustus 2020. Dilanjutkan latihan bebas ketiga dan keempat serta kualifikasi, pada Sabtu 8 Agustus 2020 Adapun, balapan utama MotoGP Ceko 2020 bakal dilangsungkan, pada Minggu 9 Agustus 2020 malam pukul 19.00 WIB.

Seperti diberitakan Ngopibareng.id sebelumnya, Marc Marquez mengalami cedera karena kecelakaan hebat di Tikungan 4 Sirkuit Jerez, saat balapan seri pembuka MotoGP Spanyol memasuki lap ke-21, Minggu 19 Juli 2020.

Bukan kecelakaan yang menyebabkan tulangnya patah, melainkan hantaman ban belakang motor Honda RC213V ketika dirinya tersungkur di kerikil. Marc Marquez mengalami cedera tulang humerus pada tangan kanannya.

Setelah istirahat beberapa hari, kondisi Marc Marquez pun membaik. Rider asal Spanyol itu sempat bersiap tampil di seri kedua MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez, pada Minggu 26 Juli 2020. Akan tetapi, pada Sabtu 25 Juli 2020, Marc Marquez tak mampu menyelesaikan latihan bebas, yang membuatnya ditarik oleh Tim Repsol Honda.

Jelang balapan MotoGP Ceko, Marc Marquez harus kembali naik ke meja operasi. Implan pelat di tulangnya rusak. "Operasi pertama berjalan sukses, namun yang tak diharapkan ternyata pelatnya tidak cukup. Akumulasi stres di bagian lengan yang dioperasi menyebabkan pelatnya mengalami kerusakan, jadi pelatnya hari ini diganti dengan yang baru (titanium)," ujar ahli traumatologi MotoGP, dr Xavier Mir, seperti dikutip dari Crash, pada Selasa 4 Agustus 2020.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 01:00 WIB

Sejarah Baru, Pilwalkot Semarang Diikuti Calon Tunggal

Pilkada

Pilwalkot Semarang akan diikuti calon tunggal untuk pertama kalinya.

24 Sep 2020 00:43 WIB

Penangguhan Penahanan, Vicky Prasetyo Bayar Jaminan Rp200 Juta

Gosip Artis

Kebebasan Vicky Prasetyo tidak gratis. Dia bayar uang jaminan Rp200 juta.

24 Sep 2020 00:14 WIB

Masker Kain Standar SNI untuk Lawan Covid-19

Nasional

Masker kain untuk lawan Covid-19 harus berstandar SNI.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...