Probolinggo - Giliketapang Dilayani Kapal 'Rede'

18 May 2019 21:04 Jawa Timur

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyerahkan satu kapal rede Gandha Nusantara 11 untuk melayani penyeberangan Probolinggo -Pulau Giliketapang. Kapal tersebut akan dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor transportasi laut, PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Probolinggo.

Penyerahan kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang menggunakan kapal pada saat angkutan Lebaran mendatang.

Kasubdit Angkatan Laut pada Kemenhub, Capt. Budi Mantoro mengatakan, kapal rede itu mempunyai kapasitas sebanyak 53 penumpang dan dua mobil sedang dengan rata-rata muatan kendaraan 10 ton.

Kapal ini ini memiliki panjang keseluruhan 24,70 meter, lebar 6,30 meter, dan tinggi 2,20 meter. Kapal jenis perintis ini berbobot 92 GT dimana diproduksi pada 2017.

"Saat lebaran kebutuhan pergerakan warga cukup banyak. Oleh karenanya, kita ingin mudik kali ini jauh lebih baik dari aspek keselamatan maupun kapasitasnya," ujarnya, Sabtu, 18 Mei 2019.

Budi menambahkan, kapal ini akan melayani penumpang dari Probolinggo ke Giliketapang dan sebaliknya.

Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihandjoko mengatakan, berterima kasih atas bantuan kapal dari Kemenhub.

"Syukurlah, tidak kita sangka dan tentunya luar biasa. Hal ini bisa dinikmati masyarakat Kabupaten Probolinggo khususnya warga Gili Ketapang," kata Timbul.

Wabup, bersyukur dengan kapal rede keselamatan penumpang akan lebih terjamin. Mengingat perahu-perahu penyeberangan kecil sangat berisiko.

"Kapal ini juga bisa mempermudah akses transportasi bagi para wisatawan. Apalagi di Giliketapang ada wisata snorkeling," ujanya. (isa)

Penulis : Ikhsan Mahmudi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini