Presiden Terpesona keindahan Tukad, Badung, Bali, Presiden Joko Widodo teringat sungai Cheonggyecheon di Seoul. (Foto: Biro Pers. Setpres)

Presiden Terpesona Sungai 'Cheonggyecheon' nya Badung

Nasional 19 May 2019 06:16 WIB

Sebelum mengakhiri kunjungan kerja di Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menikmatu keindahan sungai Tukad di Badung, Bali. Sungai ini membelah dua pasar tradisional, yakni Pasar Badung dan Pasar Kumbasari yang diresmikan Presiden pada 22 Maret 2019.

Tukad Badung sendiri telah melalui revitalisasi dan penataan sehingga tampak lebih cantik, bahkan disebut-sebut mirip Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Presiden sempat duduk santai sejenak untuk menikmati keindahan sungai.

"Sungai Taman Mekarsari dekat Pasar Badung ini, bagus penataan sungainya. Kurang satu tadi sudah minta menteri PU untuk selesaikan penjernihan airnya. Sudah enggak kotor tapi perlu penjernihan agar lebih bersih," kata Presiden.

Tukad Badung dihiasi dengan berbagai lampu warna-warni, tempat duduk untuk bersantai, dan berbagai fasilitas lainnya. Sungai ini juga dibuat berkelok-kelok untuk menambah nilai seni agar terlihat lebih cantik.

Di Pasar Badung, Kepala Negara didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Bali Wayan Koster. Presiden juga membeli buah-buahan, antara lain alpukat, pepaya, mangga, dan salak.

Presiden Terpesona keindahan Tukad Badung Bali Presiden Joko Widodo teringat sungai Cheonggyecheon di Seoul Foto Biro Pers SetpresPresiden Terpesona keindahan Tukad, Badung, Bali, Presiden Joko Widodo teringat sungai Cheonggyecheon di Seoul. (Foto: Biro Pers. Setpres)

"Belanja buah, mangga, salak, untuk buka puasa," katanya.

 

Sementara itu, terkait harga-harga komoditas di pasar, Presiden melihat tidak ada yang perlu dikeluhkan. Karena sejauh ini dijelaskan Presiden harganya masih stabil.

 

Waktu Presiden berkeliling di pasar, dimanfaatkan pedagang dan pengunjung untuk bersalaman dan berswafoto.

 

Dari Pukat Badung Presiden dan rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. (asm)

Presiden Joko Widodo menyempatkan membeli buahbuahan di Pasar Tradisional Badung Bali Foto Biro Pers SetpresPresiden Joko Widodo menyempatkan membeli buah-buahan di Pasar Tradisional Badung, Bali. (Foto: Biro Pers. Setpres)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 06:00 WIB

Di Depan Presiden, Gus Yaqut Ungkap Peran Ansor di Masa Pandem

Khazanah

Kepedulian untuk umat Islam dan bangsa Indonesia

15 Sep 2020 22:45 WIB

Presiden Pantau Penanganan Covid-19 Di Jatim dan 8 Provinsi

Nasional

Presiden Joko Widodo meminta sejumlah menteri untuk bekerjasama dan memantau

15 Sep 2020 09:02 WIB

Buya Syafii Maarif pun Nyatakan Prihatin Gugurnya Tenaga Medis

Khazanah

Kirim surat keprihatinan kepada Presiden Joko Widodo

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...