Presiden pada rapat kabinet terbatas untuk hadapi Natal dan tahun baru. (Foto: Setpres)

Presiden Tekankan Nilai-Nilai Kerukuanan Jelang Natal

Nasional 13 December 2019 21:55 WIB

Menjelang perayaan Natal 2019 serta Tahun Baru 2020, pemerintah berupaya memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat.

"Ini memang rapat rutin. Saya hanya ingin memastikan, mengecek, yang pertama mengenai ketersediaan dan stabilitas harga pangan serta bahan-bahan pokok menjelang Natal dan tahun baru agar terjaga dengan baik," kata Presiden Jokowi pada rapat kabinet terbatas khusus mrnghadapi Nataru, di Kantor Presiden, Jumat 13 Desember 2019.

Kepala Negara meminta jajarannya agar menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok tetap terjaga, serta memastikan pasokan dan pendistribusiannya berjalan lancar.

Sementara dari sisi pelayanan transportasi, Presiden menginstruksikan Kementerian Perhubungan menyiapkan moda transportasi darat, laut, dan udara. Keselamatan dan kenyamanan para pengguna layanan menjadi prioritas yang harus benar-benar diperhatikan.

"Pelayanan transportasi agar disiapkan dengan baik. Kesiapan dari berbagai moda transportasi baik darat, laut, maupun udara benar-benar tidak ada masalah nantinya, termasuk kecukupan stok BBM selama Natal dan tahun baru," ujar Presiden.

Selain itu, Kepala Negara juga mengingatkan aparat keamanan tetap menjaga situasi tetap kondusif dan kerukunan terjaga seperti sekarang.

"Saya minta TNI, Polri, dan BIN terus bersinergi melakukan tindakan pencegahan atau penangkalan dari setiap potensi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Tahun Baru 2020 ini," tuturnya.

"Kita juga harus terus memperkuat nilai-nilai toleransi, nilai-nilai kerukunan, dan nilai-nilai persaudaraan di antara sesama anak bangsa. Sehingga dalam menjelang Natal dan tahun baru kenyamanan dan rasa aman masyarakat bisa kita hadirkan," pesan Jokowi.

Tentang ketersedian bahan pokok kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan tahun baru oleh Menko Ekonomi, Airlangga Hartarto, ditegaskan bahwa sudah mencukupi. Soal kenaikan harga beberapa komiditi, dikatakan bersifat situasional, dan masih dalam kendali.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 05:13 WIB

Menang 2-1 atas Lyon, Juventus Tetap Tersingkir

Liga Champions

Mereka kalah agresivitas gol di kandang lawan.

08 Aug 2020 04:39 WIB

Sisihkan Madrid, Man City Melaju ke Perempat Final Liga Champions

Liga Champions

Manchester City kembali meraih kemenangan 2-1 pada leg kedua ini

08 Aug 2020 00:43 WIB

Instagram Reels ala TikTok

Teknologi dan Inovasi

Instagram Reels rilis di 50 negara, kecuali Indonesia.

Terbaru

Lihat semua
08 Aug 2020 00:43 WIB

Instagram Reels ala TikTok

Teknologi dan Inovasi
08 Aug 2020 00:23 WIB

Hoak Video Ledakan Rudal di Beirut

Internasional
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...