Presiden Resmikan Pasar Ikan Modern Bertaraf Internasional

14 Mar 2019 07:16 Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu malam 13 Maret 2019. Bangunan seluas 2 hektare itu berada di atas lahan sekitar 4,15 hektare. Pasar ini dibangun Kementerian Kelautan dan perikanan dengan anggaran Rp 150,69 miliar.

Kepala Negara pun merasa bangga dengan hadirnya pasar ikan modern ini. Menurutnya, pasar ikan modern ini bisa membalikkan persepsi masyarakat tentang pasar ikan sebelumnya yaitu kotor, becek, bau, dan tidak nyaman.

Selain bersih dan nyaman, pasar ikan modern ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, yakni 896 unit lapak untuk menjual ikan segar, 155 unit kios maritim, dan 8 unit food court. Selain itu terdapat juga 2 unit  ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium, chilling room kapasitas 30 ton, area bongkar muat, pengepakan, depot es dan garam, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

"Saya minta agar penggunaan bangunan yang sudah sangat modern ini disertai dengan pola kerja baru dan kebiasaan baru yang lebih baik. Kualitas ikan jaga agar tetap segar dan mari kita jaga bersama-sama kebersihan, kenyamanan, dan keamanan dari pasar ikan modern di Muara Baru ini," ungkap Jokowi.

Presiden berharap PIM Muara Baru ini bisa menjadi contoh bagi pembangunan pasar ikan lainnya di semua provinsi ke depannya. Demikian juga dengan fasilitas pendukung di dalamnya seperti food court, cold storage, hingga sanitasinya.

"Ini standar yang memang kita ambil standar internasional. Tapi yang paling penting memang mengubah budaya," ujar Jokowi lagi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, selain sebagai 'one stop shopping' aneka produk ikan bermutu dan aman dikonsumsi, PIM Muara Baru ini juga bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Jakarta Utara.

"PIM dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional," jelasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini yaitu Menteri Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini