Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati hari lahir Pancasila secara virtual dari Istana Bogor, Senin 1 Juni 2020. ( Foto: Setpres)

Presiden Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Nasional 01 June 2020 10:16 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan di hari lahir Pancasila 1 Juni, yang dilakukan secara daring dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin 1 Juni 2020. Menurut Jokowi, pandemi virus corona (Covid-19) telah menguji kesabaran kita, menguji kedisiplinan kita serta menguji kehati-hatian kita dalam mengambil langkah kebijakan.

Tapi, lanjut presiden, beruntulang bangsa Indonesia mempunya Pancasila. Pancasila yang hari ini diperingati kelahirannya, menjanjadi bintang penjuru, menuju persatuan, kegotong toyongan dan menuju kesejahteraan bersama.

"Pancasila telah membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang saling menghormati dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, berbeda agama suku dan ras, tapi tetap satu," kata Jokowi.

Dengan perisai Pancasila, bangsa Indonesia telah menunjukkan sebagai bangsa yang besar, kuat, dan menjadi bangsa pemenang dalam menghadapi tantangan.

"Sekarang bangsa Indonesia, bahkan bangsa bangsa di dunia sedang diuji oleh pandemi Covid-19 yanga telah merusak sendi sendi kehidupan sosial, budaya, ekonomi serta kegiatan keagamaan di tempat ibadah terganggu," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, bahwa Indonesia tak sendiri. Banyak negara lain kondisinya sama dan serupa.

"Kita tidak sendirian, 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita. Semuanya dalam kesulitan," ungkap Jokowi.

Meski dalam keadaan yang sulit, dia menuturkan semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang.

"Menjadi pemenang dalam pengendalian virus, maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya. Sebagai bangsa yang besar kita juga harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimis, kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan, kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata," tegas Jokowi.

"Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinvoasi dan berprestasi di tengah pandemi covid ini. Mari kita buktikan ketangguhan kita, mari kita menangkan masa depan kita, kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa," lanjut Jokowi.

Menghadapi tantangan yang cukup berat dengan adanya pandemi Covid-19 ini, presiden berseru bangsa Indonesia jangan sampai kalah. "Bangsa Indonesia harus menang," pesan Presiden.

Peringatan hari lahir Pancasila ini diikuti Wapres KH Ma'ruf Amin, Ketua Badan Pembina Ideologi Pancasila Megawati Soekarno Putri, Ketua DPR, dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 11:45 WIB

UTBK Hari Pertama, Doa Belajar Hingga Tips Jawab Soal Trending

Reportase

UTBK hari pertama, doa belajar pun jadi populer.

05 Jul 2020 11:40 WIB

Viral, Maudy Ayunda Berantem dengan Pacar Saat Live Instagram

Gosip Artis

Maudy berdebat dengan pria yang diduga pacar barunya.

05 Jul 2020 11:35 WIB

Hari Pertama, 74 Server UTBK Berjalan Lancar

Pendidikan

Ketua LTMPT: UTBK di Indonesia Berjalan Lancar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...