Presiden Jokowi Sambut Presiden Chile di Istana Merdeka

12 May 2017 13:18 Pemerintahan

Jakarta: Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Chile, YM Veronica Michelle Bachelet Jeria. Kedatangan Presiden Chile dilakukan dengan upacara penyambutan kenegaraan.

Secara berurutan, kedatangan mobil kepresidenan Chile diiring-iringi oleh marching band Paspampres, pasukan berkuda, dan pasukan berbaju adat daerah Indonesia, serta disambut dengan kibaran bendera oleh anak-anak berbaju adat di halaman Istana Merdeka, pada Jumat (12/5).

Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo langsung menyambut kehadiran Presiden Michelle Bachelet seusai turun dari mobil. Bunyi 21 kali dentuman meriam serta kumandang lagu kebangsaan kedua negara mengiringi kehadiran Presiden Michelle Bachelet.

Usai memeriksa pasukan, Presiden Joko Widodo bersama Presiden Michele Bachelet dan Ibu Iriana berfoto bersama di ruang kredensial. Kegiatan dilanjutkan dengan Veranda Talk di teras belakang Istana Merdeka. Kedua Presiden berbicang selama kurang lebih 10 menit sebelum kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral.

Kunjungan Presiden Chile kali ini akan difokuskan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan dan perikanan, serta sosial budaya. Kunjungan ini memiliki arti penting sejalan dengan prioritas Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan.

Chile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di wilayah Amerika Selatan. Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) RI-Chile yang saat ini sedang dinegosiasikan memiliki potensi meningkatkan perdagangan bilateral, investasi, serta menjadikan Chile sebagai hub bagi produk-produk Indonesia dalam memasuki pasar Amerika Selatan. Pada tahun 2016, volume perdagangan RI – Chile mencapai 227 juta USD dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 60,5 juta USD.

Tampak ikut menyambut kehadiran tamu negara dari Chile itu di antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Amran Sulaiman serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. 

 

Selama berada di Indonesia, Presiden Michelle Bachelet direncanakan akan melakukan peletakan karangan bunga di TMP Kalibata, pertemuan bilateral dengan Presiden RI, dan menghadiri seminar KADIN RI-Chile. Presiden Chile juga akan menggunakan kesempatan kunjungannya ke Indonesia untuk berkunjung ke Sekretariat ASEAN. (kuy)

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini