Presiden Joko Widodo usai buka bersama dengan Ketua DPD RI, di Kuningan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019. (Foto: Asmanu/ngopibareng.id)

Presiden Jokowi Percayakan Hasil Pemilu kepada KPU

Nasional 16 May 2019 01:31 WIB

Presiden Joko Widodo menyerahkan sekaligus mempercayakan sepenuhnya hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan Undang-undang, KPU merupakan satu-satunya lembaga yang diberi amanat dan kewenangan untuk melakukan rekapitulasi dan mengumumkan hasil Pemilu.

"Itu kita serahkan semua ke KPU karena yang punya kewenangan adalah KPU," ujarnya saat diminta pendapat soal ada penolakan hasil Pemilu selepas berbuka puasa bersama dengan Ketua DPD RI di Kuningan, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Selaku peserta Pemilihan Presiden 2019, dirinya tunduk dan mengikuti keseluruhan mekanisme serta aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh konstitusi.

"Semua diatur konstitusi kita, semua diatur undang-undang, kita diatur oleh peraturan KPU. Ada semua, mekanismenya ada. Jadi, mestinya semua melalui mekanisme yang sudah diatur konstitusi," ucapnya.

Namun, apabila nantinya terdapat keberatan-keberatan dengan hasil yang diumumkan oleh KPU pada 22 Mei 2019 mendatang, konstitusi juga telah menyediakan jalur dan proses penyelesaian yang bisa ditempuh melalui Mahkamah Konstitusi (MK). Berdasarkan Undang-Undang, MK merupakan lembaga yang berwenang untuk memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum.

"Negara kita ini aturan mainnya jelas, konstitusinya jelas, undang-undangnya jelas, aturannya jelas. Ya diikuti," kata Presiden. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:46 WIB

Kurva Covid-19 Tak Turun, Pakar: Jangan Salahkan Jatim

Jawa Timur

Angka kasus bisa dilihat 7-8 hari kemudian.

08 Jul 2020 19:15 WIB

Hari Ke-4 UTBK Unair, Bertambah 13, Total Ada 63 Reaktif Covid-19

Pendidikan

Hari ini, dari 127 peserta 13 diantaranya diketahui reaktif.

08 Jul 2020 18:20 WIB

UTBK, Pakar: Rapid Test Tidak Boleh Jadi Pengambil Keputusan

Pendidikan

Peserta dengan hasil rapif test reaktif tidak bisa ikuti UTBK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...