Presiden Jokowi kunjungi Ustadz Arifin Ilham di RSCM.

09 Jan 2019 20:50 Nasional

Presiden RI Joko Widodo, di tengah kesibukannya menyempatkan diri mengunjungi Ustadz Arifin yang sedang dirawat RSCM, Rabu 9 Januari 2019.

Presiden mendoakan Ustad Arifin segera sembuh dan kembali berdakwah seperti semula. Tidak banyak yang dibicarakan antara Ustadz Arifin dengan Jokowi. Atas saran dokter. Ustadz harus banyak istirahat.

Putra Arifin Ilham Noor, Muhammad Alvin Fai mengatakan dokter menyatakan Ustadz Arifin terkena radang tenggorokan. Menurutnya, Ustadz Arifin masih dalam proses pemulihan dan pengobatan difokuskan pada saluran napas atau tenggorokan. 

"Dokter itu radang tenggorokan ya seperti itu, yang ya kayak kita seperti sariawan di tenggorokan. Perih, sakit seperti itu dokter bilang. Yang disembuhkan itu ya radang tenggorokannya biar dia bisa istirahat, batuknya nggak lagi. Fokusnya ke saluran pernapasannya," kata Kokom, panggilan akrabnya.

Kokom menambahkan akibat batuk yang dideritanya, Ustadz Arifin sulit tidur. Selain itu, ustadz sulit makan dan minum.

"Karena batuknya, dia kan nggak bisa tidur ya, orang kita batuk saja sama kan nggak bisa tidur. Sama kayak ustaz itu. Ustadz itu mungkin ada sedikit luka di pernapasan, jadi setiap makan atau minum dia batuk," katanya.

Menurut Kokom, radang tenggorokan ini sebagai efek samping yang dirasakan Ustadz Arfin setelah menjalani kemoterapi. Diketahui sebelumnya, Ustadz Arifin sempat mengidap kanker kelenjar getah bening sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

"Itu kan karena akibat kemo, kemarin kan kena kanker dan sudah dinyatakan negatif, sudah sembuh untuk kanker. Cuma akibat dari kemo itu pasti ada penyakit yang tersembunyi yang kena, karena selama kemo itu kan mematikan sel kanker dari sisi lain menemukan penyakit yang lain. Ya itu efek samping dari kemo," katanya.

Kokom mengatakan ikut mendampingi Ustadz Arifin di rumah sakit. Selain itu, istri Ustaz Arifin disebut ikut merawat dan mendampingi. "Kalau di rumah sakit kita nginep kan ada istri-istrinya ya, jadi ya sudah cukuplah jadi saya pulang dulu," ujarnya.

Beberapa tokoh sebelumnya juga menjenguk Ustadz Arifin di RSCM Kencana, Jakarta Pusat. Di antaranya Ustadz Yusuf Mansur, cawapres Ma'ruf Amin, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan cawapres Sandiaga Uno.

Muhammad Alvin menyampaikan hormat dan terima kasih kepada para ulama dan penjabat negara termasuk presiden yang ikut mendoakan ayahnya agar segera mendapat pertolongan Allah dari segala penyakit. (asm).

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini