Ini Resep Kesehatan Presiden Joko Widodo

15 May 2019 12:56 Nasional

Banyak orang bertanya apa resep Presiden Joko Widodo dalam menjaga kesehatan dan kebuguran tubuhnya. Sehingga ia selalu sehat meskipun mobilitasnya melebihi rata-rata.

Ada yang memprediksi Presiden ke-7 RI itu mengonsumsi suplemen made in luar negeri yang harganya mencapai ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah.

Ngopibareng.id sempat mewawancarai presiden tentang resep menjaga kebugaran tubuh supaya selalu sehat dan tidak mudah sakit-sakitan. "Setiap pagi saya minum air sinom," kata Jokowi membocorkan resepnya.

Setiap hari minum satu sampai dua gelas, diimbangi dengan olah raga. Menjaga kebugaran dengan biaya murah ini sudah dilakukan selama 17 tahun tanpa putus. "Saya suka minum jamu tradisional, atau obat-obatan herbal, karena tidak menimbulkan efek samping," katanya.

Saat ditanya apakah tidak mengonsumsi suplemen lain, Jokowi mengaku tidak pernah. "Kalau sinom saja sudah cukup menyehatkan, mengapa harus minum yang lain," ujarnya.

Jokowi mengatakan, tim dokter kepresidenan tetap memeriksa kesehatannya secara rutin. "Dokter tidak melarang saya minum sinom, bahkan anggota tim dokter kepresidenan ada yang ikut minum sinom, setelah membaca literatur manfaat minum sinom," katanya.

Sinom merupakan minuman asli Indonesia, harganya murah, bahan bakunya mudah diperoleh dan tidak menimbulkan efek samping. Itu di antara alasan Jokowi mengonsumsi minuman yang terbuat dari kuncup daun asem Jawa tersebut.

Agar tetap sehat lahir batin, selain mengonsumsi sinom, presiden juga mengatakan, menjaga emosi, dan menghilangkan pikiran yang kotor-kotor bisa membuat kondisi tubuh selalu bugar.

Sinom sendiri meski tergolong minuman herbal, tak seperti kebanyakan jamu herbal yang rasanya tidak enak dan pahit. Sebab, minuman yang satu ini memiliki rasa yang cukup nikmat.

Sinom tidak hanya terbuat dari daun asam saja, karena ada beberapa campuran bahan alami, seperti kunyit. Rempah dan asam ini direbus menjadi satu dan akhirnya terciptalah sinom. Namun, cara membuatnya tidak sembarangan, diperlukan teknik khusus agar khasiat sinom serta rasanya tidak berkurang.

Sinom akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin atau dalam bentuk es sinom.Bagi yang sedang demam atau meriang, sinom ini disebut-sebut bisa diandalkan. Sebab, sinom dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengatasi gejala demam. Selain itu, rasanya yang nikmat tidak membuat mual saat diminum.

Orang yang kesibukannya padat, disarankan sering mengonsumsi sinom agar tubuh menjadi kebal terhadap ancaman penyakit.

Khasiat sinom juga bisa mengatasi masuk angin, perut begah, mual, dan pusing. Selain itu, banyak juga yang menggunakan sinom sebagai obat alami untuk terapi penyakit lambung.

Bagi wanita yang sedang haid, biasanya mengalami rasa nyeri pada perutnya. Untuk mengatasi nyeri tersebut, bisa mengonsumsi sinom. Sebab, khasiat sinom dipercaya bisa membuat haid menjadi lancar sehingga rasa nyeri tidak terlalu kuat tekanannya.

Jika mengalami sembelit, sinom adalah jamu yang tepat untuk dikonsumi. Jadi, dapat digunakan sebagai obat rumahan untuk masalah pencernaan. Sebaiknya meminum sinom dengan sedikit gula, atau bahkan tidak menggunakan gula sama sekali.

Flavonoidnya yang terkandung dalam obat alami ini juga memiliki manfaat lain sebagai antiradang sehingga sinom dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, peradangan dan nyeri sendi serta menyembuhkan batuk dan demam.

Khasiat lain sinom oleh ahli obat-obatan herbal juga disebutkan dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Sinom juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sinom diketahui dapat melancarkan peredaran darah. Obat herbal ini cocok bagi penderita hipertensi.

 

Bila menderita penyakit asma, sinom dinilai obat herbal yang tepat untuk mengobati, sebab sinom dapat melancarkan saluran pernapasan. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini