Presiden Joko Widodo tampak ikut menguburkan jenazah ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks pemakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 26 Maret 2020. (Foto: Erick Thohir, Menteri BUMN)

Presiden Ikut Kuburkan Jenazah Ibundanya

Nasional 26 March 2020 18:48 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menguburkan jenazah ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks permakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, 26 Maret 2020.

Dalam foto kiriman Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir kepada para menteri dan wartawan, Presiden yang mengenakan kemeja putih, celana hitam, kopiah, dan masker tampak berada di liang lahat saat prosesi pemakaman.

Foto lainnya menunjukkan Presiden memasukkan tanah ke liang lahat menggunakan cangkul. Tampak kemejanya kotor oleh tanah.

Sebelum mengantarkan jenazah ibundanya ke tempat peristirahatan terakhir, Presiden dan keluarga melakukan tradisi "brobosan".

Dalam tradisi itu, Presiden Jokowi sebagai anak laki-laki tertua bersama anak perempuan, cucu laki-laki dan cucu perempuan, tiga kali berjalan berurutan di bawah peti mati yang angkat oleh petugas.

Jenazah uga Ibunda Presiden Jokowi dishalatkan di Masjid Baturrachman, sekitar 100 meter dari rumah duka, sebelum dimakamkan.

Presiden saat memakamkan jenazah ibunya Foto Erick Thohir Men BUMNPresiden saat memakamkan jenazah ibunya. (Foto: Erick Thohir, Men BUMN)

Di kompleks pemakaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah itu merupakan peristirahatan terakhir untuk keluarga Sudjiatmi.

Selain ayah Presiden Jokowi, Widjiatno Notomihardjo, jenazah kedua orang tua Sudjiatmi serta beberapa kerabat lain, termasuk adik ipar Jokowi dimakamkan di permakaman tersebut.

Sujiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada usia 77 tahun di Surakarta pada Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB, setelah sekitar empat tahun berjuang melawan kanker.

Di antara pejabat yang melayat ke rumah duka keluarga Presiden Jokowi, ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretari Negara Praktikno, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jul 2020 03:35 WIB

Buntut Pentas Rhoma Irama, Dinkes Bogor Lakukan Tracing

Nasional

Dinkes Bogor lacak peserta dangdut Rhoma Irama di acara khitan.

03 Jul 2020 02:39 WIB

Konflik dengan China, PM India Hapus Akunnya di Weibo

Aplikasi

PM Narendra Modi menghapus akunnya di Weibo

03 Jul 2020 01:30 WIB

Drakor Love in the Moonlight Gantikan Faith - The Great Doctor

ngopiK-pop

Love in the Moonlight kisah pangeran jatuh cinta ke penasehat cinta.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...