Kepala Staf Presiden, Moeldoko

Presiden Hitung Posisi Wamen di Kabinet Indonesia Maju

Politik 24 October 2019 16:23 WIB

Kepala Staf Presiden, Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo akan menunjuk beberapa wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Saat ini presiden masih melakukan hitung-hitungan.

"Lagi dibicarakan tadi. Lagi dihitung-hitung bukan jumlahnya, tapi ngitung asalnya dari mana untuk buat keseimbangan masih dibicarakan," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Moeldoko menambahkan, jabatan wamen tengah dihitung pos mana saja yang membutuhkan wamen. Selain itu, kata dia, Jokowi juga masih menghitung komposisi yang pas untuk keseimbangan kerja di Kabinet Indonesia Maju.

"Lagi dicari klasifikasinya, sumber itu dari mana menjaga keseimbangan ini. Kan ada sini kurang terwadahi, ini kurang terwadahi harus ada," kata dia.

Moeldoko belum mau memerinci kementerian mana saja yang akan diisi oleh Wamen. Kementerian Pertahanan kemungkinan punya Wamen. "Katanya ada gitu direncanakan. Tapi siapanya lagi dihitung-hitung," ujarnya.

Salah satu kementerian yang akan diisi Wamen adalah Kementerian BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengaku telah diizinkan untuk memiliki Wamen lebih dari satu oleh Jokowi.

"Belum (ditetapkan), masih nanti diskusi di ratas (rapat terbatas dengan presiden). Ya kalau 142 (BUMN), bisa dua, bisa tiga, bahkan pak presiden bilang kalau perlu lima ya dikasih," kata Erick di kantornya, seperti ditulis Kamis, 24 Oktober 2019.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 14:13 WIB

Presiden Sudah Shalat Jumat

Nasional

Presiden Jokowi shalat Jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana.

04 Jun 2020 19:33 WIB

Melonjaknya Sebaran Covid-19 di Jawa Timur Jadi Sorotan Presiden

Nasional

Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan jadi sorotan

04 Jun 2020 12:39 WIB

Lacak Pasien Corona Lebih Agresif!

Nasional

Presiden Jokowi juga minta magamen data Covid-19 lebih rapi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...