Seniman Butet Kertaradjasa, Cak Lontong serta para pekerja seni bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara Bogor, Rabu 15 Juli 2020. (Foto: Setpres)

Pekerja Seni Dilibatkan Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19

Nasional 15 July 2020 13:40 WIB

Data sebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia terus melonjak. Belum ada tanda-tanda melandai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) geregetan. Apalagi masyarakat di sejumlah daerah diduga kurang kesadarannya dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, para pekerja seni diharapkan ikut mesosialisasikan protokol kesehatan tersebut lebih masif kepada syarakat dengan cara mereka masing-masing. Pesan presiden tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnuhutama Kusubandio, setelah mendampingi pekerja seni bertemu Jokowi di Istana Bogor, Rabu 15 Juli 2020.

"Saya pikir para seniman mempunyai komunitas tersendiri, mempunyai fans juga, tentunya sangat dapat membantu menjelaskan atau menyosialisasikan protokol kesehatan ini. Dan dengan caranya mereka kan mungkin lebih kreatif, lebih unik, lebih fun, agar dapat didengar atau dapat diperhatikan oleh masyarakat," kata Wisnuhutama menirukan pesan Jokowi.

Senada dengan harapan presiden, seniman Butet Kertaradjasa menyebut bahwa para pekerja seni diminta untuk membantu pemerintah, mengartikulasikan pemikiran-pemikiran strategis kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi ini.

"Minimal dengan keahlian masing-masing, para praktisi seni ini menggunakan keahliannya untuk mengimbau kepada masyarakat, kepada idola atau fans-fansnya supaya mematuhi anjuran-anjuran dari pemerintah yang sudah diimplementasikan oleh pemerintah-pemerintah daerah. Misalnya, harus memakai masker, harus jaga jarak, cuci tangan," kata Butet.

Di samping itu, para pekerja seni juga memberikan sejumlah masukan kepada Presiden Jokowi terkait dengan apa yang dialami oleh komunitas seni dalam pandemi Covid-19 ini.

"Kami memberikan masukan-masukan kepada presiden bagaimana negara hadir di dalam musim pandemi, terutama hadir kepada masyarakat seni, kepada para perupa, kepada para pelaku seni tradisional kira-kira dalam bentuk apa negara itu hadir. Kepada penari, pengarang, sastrawan, teaterawan, pemain film, kru pekerja seni, pertunjukkan atau apa pun," beber Butet.

Pertemuan yang membahas sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, diikuti 30 pekerja seni yang dibagi dalam dua sesi, supaya tetap terjaga sesuai protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:26 WIB

Tegal Diminta Lebih Serius Tangani Pandemi

Nusantara

Ganjar minta pemerintah Tegal lebih serius.

07 Aug 2020 23:15 WIB

10 Hari Lagi Rumput Standar FIFA untuk GBT Datang

Surabaya

Pemkot Surabaya sedang mempercepat pengerjaan renovasi GBT

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...