Presiden Brazil Jair Bolsonaro munculdengan membawa kotak hydroxychloroquineobat anti malaria, Sabtu kemarin. (Foto:CGTNcom)

Presiden Brazil Sembuh dari Corona Berkat Obat Anti Malaria

Internasional 26 July 2020 15:05 WIB

Presiden Brazil Jair Bolsonaro sembuh dari Covid-19, berkat obat anti malaria. Jair Bolsonaro pada Sabtu kemarin mengatakan hasil tes COVID-19 yang ia jalani untuk kesekian kali akhirnya negatif setelah beberapa pekan melakukan karantina di kediamannya.

Dalam foto unggahan di media sosial, Bolsonaro muncul dengan kotak hydroxychloroquine, obat antimalaria yang dipercaya telah mengobati infeksinya meski tak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa obat tersebut manjur melawan COVID-19.

Melengkapi foto tersebut, presiden menuliskan tes RT-PCR untuk Sars-Cov 2 negatif.

Bolsonaro tidak mengatakan kapan ia menjalani tes atau apakah ia akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Bolsonaro mengaku telah menjalani tiga kali tes COVID-19 selama  bulan ini, termasuk diagnosis awal pada 7 Juli.

Sejak saat itu, Bolsonaro menjalani isolasi di kediaman presiden dengan mengisi agenda resminya melalui konferensi video. Sesekali presiden terlihat di luar rumah, semisal saat menyapa para pendukungnya.

Bolsonaro menjadi bagian dari 2,3 juta lebih warga Brazil yang terinfeksi COVID-19. Negara yang melaporkan lebih dari 85.000 kematian itu merupakan titik nyala kedua pandemi di dunia setelah Amerika Serikat.

Bolsonaro meremehkan risiko virus COVID-19, dengan menganggapnya sebagai "flu ringan". Ia juga menentang pakar kesehatan masyarakat dan mengecam penguncian COVID-19, yang diberlakukan sejumlah gubernur dan wali kota di negaranya.

Populis sayap kanan itu memperingatkan bahwa kebijakan semacam itu lebih parah ketimbang virus itu sendiri.  Ia mendesak agar usaha ekonomi segera kembali dibuka.

Bolsonaro mengatakan akan memulai kunjungan ke penjuru negeri usai pulih dari penyakit tersebut.

Jair Messias Bolsonaro adalah mantan perwira militer dan politikus asal Brasil yang saat ini menjabat sebagai Presiden Brasil ke-38 sejak 1 Januari 2019. Sebelumnya, ia menjabat sebagai anggota Dewan Deputi mewakili negara bagian Rio de Janeiro sejak 1991. Ia adalah anggota Partai Liberal Sosial. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Sep 2020 13:45 WIB

Surabaya Masuk Daftar Kandidat Tempat Pembukaan Piala Dunia

Dunia

Menpora nilai Surabaya paling siap.

18 Sep 2020 13:35 WIB

Baru Diresmikan, Labkesda Surabaya Kini Hanya Terima Sampel Swab

Reportase

Labkesda hanya terima sampel swab milik warga yang diambil oleh Puskesmas.

18 Sep 2020 13:25 WIB

Helikopter PT NUH Mendarat di Paniai Ketinggian 4.700 dpl

Timur Indonesia

Basarnas belum bisa melakukan evakuasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...