Presiden Brasil Operasi Hernia

09 Sep 2019 05:39 Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menjalani operasi untuk memperbaiki hernia. Dikutip dari AFP, operasi di Rumah Sakit Vila Nova Star di Sao Paulo berlangsung lebih dari lima jam, pada Minggu 8 September 2019.

Bolsonaro menjalani operasi akibat ditusuk pada sebuah kampanye Pilpres, pada September 2018.

Operasi yang ditangani ahli bedah Antonia Luiz Macedo ini, untuk memperbaiki hernia insisional, karena melemahnya jaringan-jaringan tertentu usai tiga operasi sebelumnya.

"Prosedurnya sukses," ujar Juru Bicara Kpresidenan Brasil, Jenderal Otavio Barros sembari menambahkan bahwa sang presiden sudah pulih dan dalam keadaan stabil.

Untuk sementara waktu, lanjut Otavio Barros, tugas kenegaraan akan diambil alih oleh Wakil Presiden Hamilton Mourao hingga Kamis mendatang, 12 September 2019.

"Mourao, seorang mantan jenderal angkatan darat, akan bertindak sebagai presiden selama lima hari mulai hari Minggu (8 September)," jelas Otavio Barros.

Sementara itu, Kepala Ahli Bedah, Antonio Macedo, mengatakan sang presiden diharapkan dapat pulih dalam waktu 7 hingga 20 hari ke depan.

"Presiden telah melalui tiga operasi besar, termasuk yang terakhir, untuk rekonstruksi perut. Bagian ini cukup lemah akibat tindakan invasif," jelas ahli bedahnya.

Saat menjalani operasi, Bolsonaro ditemani istrinya, Michelle, dan putranya, Carlos.

Operasi ini menyebabkan Bolsonaro melewatkan pertemuan puncak dengan para pemimpin dari tujuh negara Amazon di Kolombia. Pertemuan itu untuk menyetujui langkah-langkah melindungi hutan hujan terbesar di dunia.

Bolsonaro sendiri tengah menjadi perhatian internasional setelah kebakaran hutan hujan Amazon, mencapai yang terparah dalam sejarah pada tahun ini.

Bolsonaro dikritik lantaran lambat menyikapi kebakaran di hutan hujan tropis terbesar di dunia itu. Ia bahkan sempat menolak bantuan negara G7 akibat tersinggung dengan pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Pemerintahan Bolsonaro memang dikenal tidak pro-lingkungan. Di tangan Bolsonaro, Brasil secara terbuka berniat untuk mengembangkan wilayah Amazon untuk pertanian dan pertambangan.

Bolsonaro akan mempertahankan kebijakan kontroversialnya terkait pembangunan di Amazon di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada pertengahan bulan ini, bahkan jika dia harus berbicara dari kursi roda.

Diketahui, Bolsonaro ditusuk saat kampanye di negara bagian Minas Gerais, pada 6 September 2018. Pelakunya adalah pria berusia 41 tahun.

Si penusuk diketahui mengalami delusi dan tidak layak secara psikologis untuk diadili.
Penyerang bernama Adelio Bispo de Oliveira ditahan di unit psikiatri dari penjara dengan keamanan maksimum. Jangka waktu penahanan tersebut tidak ditentukan.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini