Presiden Bolivia Jeanine Anez. (Foto:Reuters)

Presiden Bolivia Juga Positif Corona

Internasional 10 July 2020 13:14 WIB

Presiden Bolivia Jeanine Anez, 53 tahun, pada Kamis kemarin menyatakan dirinya positif terinfeksi virus corona.

Anez kepala negara kedua di wilayah Amerika Latin yang positif mengidap corona, setelah Selasa pekan ini Presiden Brazil Jair Bolsonaro, 65 tahun, terlebih dahulu menyatakan dirinya posiitif.

Anez mencuit di Twitter bahwa ia "baik-baik saja" dan akan melanjutkan tugasnya selama menjalani isolasi. "Bersama, kita akan keluar dari ini," katanya.

Jeanine Áñez Chávez, lahir 13 Juni 1967, adalah seorang politisi dan pengacara Bolivia, yang menjadi Presiden Bolivia setelah pengunduran diri pemerintah Evo Morales. Dia sebelumnya adalah Senator oposisi dari Beni. Politiknya digambarkan sangat anti-Evo Morales

Kabar tersebut muncul sepekan setelah Menteri Kesehatan Bolivia Mar­a Eidy Roca mengatakan ia juga positif tertular virus corona.

Negara Bolivia yang terkepung daratan dengan lebih dari 11,5 juta penduduk itu melaporkan 42.000 lebih kasus terkonfirmasi COVID-19 dan 1.500 kematian. Bolivia juga menjadi salah satu negara yang terdampak paling parah di dunia kalau dihitung per kapita.

Pihak berwenang sedang menggali kuburan massal di seluruh Bolivia guna menampung gelombang baru jenazah korban COVID-19, yang membuat takut warga Bolivia saat wabah corona merebak di negara pegunungan Andes tersebut.

Kendati jumlah penduduknya sedikit dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, seperti Peru, Chile dan Brazil,  kasus baru melonjak dalam beberapa pekan belakangan hingga membuat sistem pelayanan kesehatan di sejumlah daerah kewalahan.

Cochabamba, kota di Bolivia tengah, sangat terdampak wabah COVID-19. Alat berat dan truk di kota tersebut menggali lubang besar guna menguburkan orang-orang yang meninggal baru-baru ini. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:15 WIB

10 Hari Lagi Rumput Standar FIFA untuk GBT Datang

Surabaya

Pemkot Surabaya sedang mempercepat pengerjaan renovasi GBT

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

07 Aug 2020 22:45 WIB

Sanchez Sindir MU Setelah Dipermanenkan Inter Milan

Liga Italy

Alexis Sanchez merasa diterima dengan baik sejak awal di Inter

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...