Sidang tahunan MPR Tahun 2019. (Foto: Ant)

Hari ini, Presiden Sampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang MPR

Nasional 14 August 2020 08:10 WIB

Presiden RI Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan pada sidang tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020.

Acara ini akan digelar di ruang rapat paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI Senayan Jakarta, Jumat 14 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB.

Dalam laporan pertanggungjawaban kali ini Presiden RI akan menyampaikan penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2021 dan Nota Keuangan beserta dokumen pendukungnya pada rapat paripurna pembukaan Masa Persidangan I DPR-RI Tahun Sidang 2020 - 2021

Rangkaian kegiatan memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia kali ini dalam suasana pandemi Covid-19. Maka, berlaku protokol kesehatan secara ketat, sehingga undangan pun sangat terbatas.

Yang biasanya dihadiri para teladan tingkat nasional, untuk saat ini ditiadakan. Para undangan disarankan mengikuti rangkaian acara perungatan hari kemerdekaan RI melalui video konferensi atau streaming. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya para teladan dan undangan khusus bisa mengukutinya secara langsung di gedung MPR Senayan.

Pembatasan ini juga berlaku bagi wartawan. Awak media hanya diperbolehkan meliput pidato kenegaraan ini di presroom DPR maupun Istana.

Demikian juga pada upacara bendera detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 di halaman Istana Merdeka, Senin 17 Agustus 2020. Media tidak bisa melakukan peliputan secara langsung. Semua kebutuhan media akan difasilitasi Biro Pers Media Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden.

Kepala BPMI Erlin meminta, maaf kepada media atas pembatasan peliputan secara langsung. Para petugas BPMI yang akan mengikuti kegiatan di Istana Merdeka harus menunjukkan hasil swab yang terbaru.

"Teman-teman cukup duduk manis di press room istana, crew BPMI yang turun di lapangan untuk mensupport kebutuhan wartawan," kata Erlin kepada ngopibareng.id, Jumat 14 Agustus 2020.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

01 Oct 2020 07:25 WIB

Beda Nasib Chelsea dengan Duo Manchester di Piala Liga Inggris

Liga Inggris

Chelsea tersingkir dari Piala Liga Inggris, duo Manchester sukses.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...