Premier League. (Foto: Istimewa)

Premier League Berencana Digulirkan dengan Format Piala Dunia

Liga Inggris 30 March 2020 18:56 WIB

Operator Premier League berencana mengadopsi format Piala Dunia untuk menyelesaikan kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu. Format ini dipilih karena tidak jalan lain yang lebih aman di tengah dampak wabah virus corona.

Dengan format tersebut, sebanyak 92 pertandingan tersisa akan dimainkan di satu wilayah dengan pintu tertutup, sehingga risiko penularan Covid-19 bisa diminimalkan.

Menurut laporan The Independent, Kota London dipercaya sebagai tempat terbaik dan yang paling aman untuk menggelar format tersebut.

Untuk akomodasi, tim-tim kontestan Premier League akan ditempatkan di hotel-hotel di seluruh London. Sementara pertandingan dimainkan di sejumlah stadion tim-tim yang bermarkas di London.

Untuk pertandingan, setidaknya dalam sehari akan ada satu pertandingan yang dimainkan. Begitu terus hingga 92 pertandingan selesai dimainkan, dan pemenangnya ditemukan.

Sebelum kompetisi dengan format tournament ini diputar, seluruh tim diberi waktu dua minggu untuk melakukan ‘pre-season’. Hal ini diberlakukan untuk mengembalikan kebugaran pemain yang menurun selama kompetisi libur akibat wabah virus corona.

Diketahui, kompetisi kasta tertinggi di Inggris itu dihentikan pada 13 Maret hingga 3 April mendatang akibat pandemi Covid-19 yang melanda Inggris dan belahan dunia lainnya.

Kondisi ini membuat kompetisi di Inggris terancam berakhir tanpa juara, serta tidak ada tim yang promosi dan terdegradasi. Namun, di tengah usulan beberapa pihak yang menginginkan kompetisi 2019/2020 dibatalkan, operator Premier League dan sejumlah klub menginginkan Liga Inggris tetap diselesaikan dengan sejumlah opsi.

Terlepas dari beberapa pilihan yang muncul, asa Liverpool untuk mengakhiri penantian gelar selama 30 tahun kembali menyembul. Maklum, dengan keunggulan 25 poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua, dengan kompetisi musim ini dilanjutkan, The Reds berpeluang besar menggenggam mahkota juara.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:55 WIB

Artis Minta Maaf dan Unjuk Rasa Bikin Omnibus Law Viral

Reportase

Aksi menolak RUU Cipta Kerja pecah di berbagai daerah.

14 Aug 2020 18:38 WIB

Beberapa Mantan Pemain Persebaya Merapat ke Eri Cahyadi?

Pilkada

Tindakan mereka diprotes keras Bonek Mania.

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...