Borussia Dortmund vs PSG. (Thumbnail: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Prediksi Dortmund vs PSG: Teruskan Tren Positif di Kandang

Liga Champions 18 February 2020 10:34 WIB

Borussia Dortmund akan menjamu PSG dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Stadion Signal Iduna Park. Duel ini diyakini bakal berlangsung sengit karena keduanya bisa menurunkan skuad terbaik.

Dortmund memang harus kehilangan Marco Reus dan Thomas Delaney yang belum pulih dari cedera, namun kekuatan Die Borussen dipercaya tak akan tereduksi. Sebab, banyak opsi yang bisa dimainkan oleh Lucien Favre.

Dibandingkan dengan PSG, langkah Dortmund memang relatif tak mulus selama babak penyisihan grup, dua kali kalah. Berada dalam grup yang dihuni tim raksasa seperti Inter Milan dan Barcelona, tentu Dortmund bukanlah favorit untuk melaju ke babak 16 besar.

Namun, Dortmund di luar dugaan berhasil menyingkirkan Inter dan lolos ke fase 16 besar dengan status runner-up mendampingi Barcelona sebagai pemuncak klasemen.

Keberadaan Erling Braut Haaland juga menjadi garansi paten di lini depan. Maklum, eks striker RB Salzburg itu langsung tampil mengesankan. Haaland telah mencetak delapan gol dari lima laganya bersama Dortmund. Lima gol pertamanya bahkan dicetak dalam 57 menit.  

Pemain jangkung berusia 19 tahun ini bahkan langsung mencetak hat-trick pada debutnya bersama Dortmund. Kini, Haaland telah mengemas 9 gol dan 1 assist dalam enam laga bersama Die Borussen.

Di Liga Champions, Haaland memang bisa diandalkan. Sebab sang pemain telah mengemas delapan gol bersama RB Salzburg di babak penyisihan grup. Torehan itu hanya kalah dari striker Munchen, Robert Lewandowski yang mengumpulkan 10 gol.

Namun, PSG bukanlah tim yang mudah mereka taklukkan. Meski dalam tiga musim terakhir, tim raksasa Liga Prancis itu selalu kandas di babak 16 besar. Rekor tak terkalahkan di babak penyisihan grup adalah fakta yang menunjukkan PSG datang ke Iduna Park untuk merusak asa Dortmund.

PSG sendiri tak akan diperkuat Colin Dagba dan eks Dortmund, Abdou Diallo. Namun Neymar diperkirakan sudah bisa turun, begitu juga dengan Kyllian Mbappe yang sebelumnya dikabarkan kurat fit.

Kedua tim sudah pernah bertemu dua kali di Liga Champions. Dari dua bentrokan itu, kedua tim bermain imbang. Namun jika melihat performa kedua tim selama babak penyisihan, PSG lebih mengilap.

Anak asuh Thomas Tuchel tak tersentuh kekalahan dengan catatan empat kali menang dan sekali seri. Sedangkan Dortmund mengalami dua kekalahan dan tiga kali menang dalam lima pertandingan di babak penyisihan.   

PSG juga hanya kebobolan dua gol, keduanya mereka alami ketika bertemu Real Madrid, baik kandang maupun tandang. Hanya saja, Dortmund bakal menjadi lawan yang akan sulit mereka tundukkan di depan publik sendiri. Hasil seri atas Barcelona dan menang dari Inter di babak penyisihan grup adalah gambaran betapa kuatnya Dortmund jika tampil di Iduna Park.

Prakiraan Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Dan Axel Zagadou, Raphael Guerreiro; Emre Can, Axel Witsel, Thorgan Hazard; Achraf Hakimi, Erling Haaland, Jadon Sancho.

Pelatih: Lucien Favre.

PSG (4-4-2): Keylor Navas; Thomas Munier, Thiago Silva, Marquinhos, Juan Bernat; Julian Draxler, Idrissa Gueye, Marco Verratti, Angel Di Maria; Neymar, Mauro Icardi.

Pelatih: Thomas Tuchel.

Prediksi Ngopibareng: 50-50

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

08 Jul 2020 15:15 WIB

Pelanggan Gasku di Batam Dapat Sembako dari PT Gagas Energi

Nasional

Sembako dibagikan di Batam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...