Prabowo Tiba di Kongres PDI Perjuangan

08 Aug 2019 12:18 Politik

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis.

Prabowo yang mengenakan pakaian batik bernuansa coklat, tiba pukul 12.48 WITA di lokasi kongres.

Prabowo disambut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Kehadiran Prabowo disebut-sebut sebagai langkah awal koalisi antara kedua partai di masa mendatang dan restu masuknya Gerindra dalam barisan koalisi pendukung Jokowi.

Menurut pakar komunikasi dari Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, Prof. Dr. ALo Liliweri, kehadiran Prabowo Subianto pada Kongres PDI Perjuangan di Bali ini menguatkan isyarat bahwa PDIP-Gerindra akan bergandengan menuju 2024.

Kehadiran Prabowo ini juga dapat dipastikan bahwa "permainan" PDI Perjuangan dan Gerindra sudah disetting sejak awal sebelum pilpres 2019 kemarin, kata Alo Liliweri.

Menurut dia, ketua-ketua umum partai politik yang menghadiri acara di sesama kongres partai adalah hal biasa dalam tradisi perpolitikan di tanah air.

Namun, yang luar biasa itu adalah ketua-ketua umum partai yang pernah partainya 'head to head' di Pilpres 2014 dan 2019.

"Jadi bagus untuk pendidikan demokrasi kita ke depan, karena kalau bertemu maka cairlah hubungan mereka," kata Alo Liliweri menjelaskan. (an/ar)

 

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini