Prabowo Tampil Pede, Jokowi Bawa Teks

17 Jan 2019 21:05 Nasional

Debat Capres pertama mulus. Sesi pertama berlangsung juga mulus. Ada enam sesi selama debat berlangsung. Sesi pertama adalah paparan visi dan misi Capres.

Pasangan Jokowi, pasangan 01, tampil dengan membaca teks. Visi dan misi disiapkan di atas teks. Jokowi membacakannya dengan lugas. Dibaca juga dengan cukup slow. Cukup terkesan lambat-lambat. Sebagai resikonya, waktu tiga menit yang diberikan pemandu acara habis. Visi dan misi sepertinya tidak rampung dibacakan Jokowi.

Waktu berpindah. Giliran Pasangan Prabowo, pasangan 02, menyampaikan visi dan misinya. Prabowo tampil pede. Prabowo begitu percaya diri. Visi dan misi disampaikan dengan menggelegar, dengan langsung. Tanpa teks. Visi dan misi sepertinya sudah berada diujung lidah. Waktu cukup tersisa. Waktu tersisa cukup banyak hingga 37 detik. Sisa waktu itu memberikan Sandiaga Uno, pasangan Capres Prabowo, menambahkan sedikit pemikiran soal pentingnya kesetaraan hukum dan HAM.

Sesi penyampaian visi dan misi ini adalah pembuka debat yang sangat penting. Masing-masing memiliki gayanya sendiri. Sementara para calon wakilnya harusnya mampu lebih mempunyai peran. Untuk sesi pertama ini Ma'ruf Amin cukup tertinggal karena kehabisan waktu. Sedangkan Sandiaga Uno cukup memiliki peran melengkapi Capresnya karena sisa waktu yang cukup banyak. (idi)

Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini