Prabowo Subianto juga Masuk 500 Muslim Berpengaruh Sedunia

22 Oct 2018 11:25 Internasional

Nama calon presiden Parabowo Subianto juga masuk dalam daftar 10th Anniversary Edition the Muslim 500, The World's 500 Most Influential Muslims 2019 (500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh).

Dikutip dari situs resmi The Muslim 500, nama Prabowo Subianto masuk dalam Daftar 450 nama (The Final 450) untuk kategori politik. Adapun Jokowi masuk dalam kategori 50 teratas (The Top 50).

Berbeda dengan kategori 50 teratas yang disusun lengkap dengan peringkat, tak ada urutan dalam kategori 450 nama ini. Adapun di daftar 450 ini, semua nama dibagi dalam kategori tertentu. Ada kategori keilmuan, politik, administrasi hubungan agama, pengkhotbah dan pemimpin spiritual, hingga ekstrimis.

Nama Prabowo Subianto masuk dalam kategori politik dalam negeri Indonesia. Ia disebut sebagai Letjen Purnawirawan yang menjadi politikus. Mantan suami Titiek Soeharto ini mencalonkan diri sebagai wapres pada 2009 dan menjadi capres pada 2014. Masa lalu militer Prabowo menyebabkan reaksi beragam dari pelbagai organisasi. Setelah kalah di 2014, dia kembali mencapres pada 2019," demikian keterangan yang tercantum di situs The Muslim 500.

Nama Anisa Matta, mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga ikut masuk di dalam daftar. Ia disebut telah berbicara soal pentingnya dialog antaragama dan berkampanye atas dasar nilai-nilai konservatif.

Presiden RI ke-4 Megawati Soekarno putri mengukir sejarah sebagai presiden perempuan pertama di Indonesia (2001-2004). Dia sudah tiga kali berpartisipasi dalam pesera demokrasi pemilihan presiden (2004, 2009, dan 2014).

Profil Prabowo Subianto Anisa Matta dan Megawati Soekarnoputri yang diulas di The Muslim 500
Profil Prabowo Subianto, Anisa Matta, dan Megawati Soekarnoputri yang diulas di The Muslim 500.

Selain itu, nama Prabowo Subianto muncul lagi. Kategorinya adalah Statistik Media Sosial Teratas dari The Muslim 500. Daftar ini menampilkan nama-nama paling populer di Facebook, Twitter, dan Instagram dari akun-akun muslim.

Dalam kategori ini, Prabowo Subianto ada di urutan ke-32 dari 35 nama. Nomor satu ditempati aktor Bollywood Salman Khan, disusul Shah Rukh Kha, penyanyi Zayn Malik (mantan personel One Direction), dan pesepakbola Mesut Ozil. Di bawah Mesut Ozil dan di atas Prabowo Subianto masih ada nama-nama tenar seperti Paul Pogba, Maher Zain, Tecep Tayyip Erdogan hingga Zinedine Zidane.

Daftar ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), yakni lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerjaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini