Prabowo bertakziah ke rumah SBY, Senin, 03 Juni 2019. (Foto: Antara)
Prabowo bertakziah ke rumah SBY, Senin, 03 Juni 2019. (Foto: Antara)

Prabowo Singgung Politik Ani Yudhoyono, SBY: Please..Tak Elok Itu

Ngopibareng.id Politik 03 June 2019 21:40 WIB

Kedatangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk berbelasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhoyono berakhir dengan kurang baik. Pasalnya Prawobo mengungkapkan pilihan politik Ani Yudhoyono pada 2014 dan 2019.

Pernyataan ini membuat Presiden keenam RI ini merasa keberatan. Keberatan itu disampaikan SBY kepada wartawan seusai mendengar pernyataan Prabowo, Senin, 3 Juni 2019 sore.

Awalnya, Prabowo berbicara kepada wartawan seusai dirinya bertemu SBY untuk menyampaikan duka cita terkait wafatnya Ani Yudhoyono. Saat itu, Prabowo ditanya wartawan kenangan apa tentang Ibu Ani yang melekat.

Prabowo awalnya mengaku banyak memiliki kenangan tentang Ibu Ani. Sejak masih remaja, Prabowo mengaku sudah mengenal ayah Ani, Sarwo Edhie Wibowo.

"Saya kira beliau istri yang sangat mendukung suami, cerdas, loyal," kata Prabowo. Setelah itu, Prabowo mengaku mendapat informasi soal pilihan Ibu Ani ketika Pilpres 2014 dan 2019.

SBY yang berdiri di belakang Prabowo didampingi besannya, Hatta Rajasa dan Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan mendadak mengubah sikap berdirinya yang semula memainkan jari telunjuk dan jempol berubah mendadak bersedekap.

Setelah berbicara, Prabowo kemudian menghampiri SBY dan berjabat tangan. SBY pun mempersilakan Prabowo untuk meninggalkan kediamannya.

Setelah itu, SBY langsung menghampiri kerumunan wartawan di depannya. Ia hanya meminta agar pernyataan Prabowo terkait pilihan politik istrinya tidak diberitakan.

Dengan mimik wajah yang terlihat geram, SBY meminta awak media tak menyebarluaskan pernyataan Prabowo soal sikap politik Ani Yudhoyono tersebut. SBY menilai pernyataan tersebut tak elok disampaikan di tengah suasana duka yang cukup mendalam.

"Itu statement Pak Prabowo, itu politik. Tentang Bu Ani, please tidak perlu disampaikan. Hari-hari ini penuh ujian bagi saya, Ibu Ani. Jangan dikaitkan dengan politik, itu tidak tepat dan tidak elok," kata SBY.

SBY juga memastikan bahwa mendiang istrinya memang tidak ingin dikaitkan dengan politik. "Saya mohon pengertian perasaan kami yang berduka, beliau tidak ingin dikaitkan dengan politik," kata SBY. (wit)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Oct 2020 08:37 WIB

Di Balik Pertemuan Prabowo di AS, Soal China Sempati Disinggung

Internasional

Mengoordinasikan militer, memajukan penjualan senjata AS

17 Oct 2020 20:00 WIB

NasDem dan Gerindra Jatim Bertemu Bahas Kerja Sama Politik

Politik

Komitmen bangun isu-isu kerakyatan.

16 Oct 2020 09:03 WIB

Setelah UU SSW

Dahlan Iskan

Bisakah UU Cipta Kerja dongkrak pertumbuhan ekonomi? Ini kata Dahlan Iskan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...