JAMAAH ASHAR: Prabowo Subianto, Amien Rais, shalat berjamaah diimami Habib Rizieq Syihab di Makkah. (foto: PA 212 fot ngopibareng.id)
JAMAAH ASHAR: Prabowo Subianto, Amien Rais, shalat berjamaah diimami Habib Rizieq Syihab di Makkah. (foto: PA 212 fot ngopibareng.id)

Prabowo dan Amien Rais Bertemu Rizieq Syihab, Ternyata Ini yang Dibahas

Ngopibareng.id Nasional 02 June 2018 23:05 WIB
“Pak Prabowo dan Habieb Rizieq Syihab. Mereka membicarakan masalah bangsa dan berharap Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Dalam pertemuan itu, turut dihadiri mantan Ketua MPR, Amien Rais,” kata Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, mengadakan pertemuan dengan Habib Rizieq Syihab di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (2/6/2018). Mantan Danjen Kopassus bersama Amien Rais, berbarengan bertemu, setelah melaksanakan ibadah umrah bersama di Tanah Suci.

Mereka duduk berdampingan dengan Habib Rizieq Syihab. Prabowo mengenakan baju koko berwarna putih yang dipadukan dengan celana bahan berwarna krem. Sementara habieb dari Petamburan Jakarta itu memakai baju gamis lengan panjang berwarna putih dan sorban dengan warna senada yang terlekat di kepalanya. Ketiganya saling memancarkan senyum sumringah ke hadapan kamera yang mengabadikan keduanya.

Pertemuan tokoh oposisi di Indonesia tersebut, cukup menyita perhatian warganet di Indonesia, karena beredar luas di media sosial. Di tengah ada Amien Rais mengenakan baju koko putih dipadu celana panjang hitam. Lengannya berpegangan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab. Di samping kiri Rizieq tampak pula Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Prabowo mengenakan baju koko putih dipadu celana panjang cokelat dan kopiah hitam.

“Pak Prabowo dan Habieb Rizieq Syihab. Mereka membicarakan masalah bangsa dan berharap Indonesia lebih baik lagi ke depannya. Dalam pertemuan itu, turut dihadiri mantan Ketua MPR, Amien Rais,” kata Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria.

"Yang namanya lagi di sana ya ketemu juga sama Habieb Rizieq Syihab, biasalah. Bicara soal bangsa ke depan, semoga Indonesia dapat rahmat dari Allah SWT," kata Riza.

Apakah di sana membicarakan obrolan politik lantaran Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) mencalonkan Habieb Rizieq menjadi calon presiden?

“Oh, pembicaraan mereka belum mengarah ke sana,” jawabnya.

Ahmad Riza menerangkan, pihaknya menghargai kalau PA 212 mencalonkan nama Habieb Rizieq, tapi pihaknya tetap memiliki otoritas tersendiri terhadap pencalonan presiden.

OPOSISI Pertemuan tokoh oposisi di Indonesia di tempat tinggal Habib Rizieq Syihab di Makkah foto PA 212 for ngopibarengid OPOSISI: Pertemuan tokoh oposisi di Indonesia di tempat tinggal Habib Rizieq Syihab di Makkah. (foto: PA 212 for ngopibareng.id)

"Demokrasi kan seperti itu. Wajar kalau ada yang mengusung Habieb Rizieq Shihab. Nanti pada saatnya kan akan diputuskan yang terbaik," ujarnya.

Umrah Keluarga Amien Rais

Sementara itu, ihwal kedatangan Amien Rais dan Prabowo di Makkah, dijelaskan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo.

"Tadi sekitar pukul 15.00 waktu Makkah, Pak Amien, mas Prabowo dan rombongan bersilaturrahim dengan Habib Rizieq. Setelah berbincang santai beberapa saat, saat ini beliau bertiga berbincang terbatas. Sementara rombongan menunggu di bawah," ungkap Drajad.

"Saat ini pertemuan sudah selesai. ditutup dengan sholat ashar berjamaah. Tuan rumah yaitu Habib Rizieq menjadi imam," Dradajad menjelaskan.

Dradjad menjelaskan, Amien Rais berangkap umrah bersama keluarga. Umrah kali ini, ikut bersama rombongan Amien Rais antara lain Hanafi Rais (putra sulung), Edo (Ridho Rahmadi PhD, doktor lulusan Belanda, suami Tasniem Rais), dan staf-staf pribadi Amien Rais.

"Jadi umrah kali ini adalah umrah keluarga Amien Rais. Kebetulan mas Prabowo sedang tugas di luar negeri, dan hendak umrah Ramadan juga. Cuma ada sedikit perbedaan tanggal dengan pak Amien," jelas Dradjad.

SANTAI Pertemuan Amien Rais dan Prabowo Subianto di sebuah hotel di Makkah foto PA 212 for ngopibarengidSANTAI: Pertemuan Amien Rais dan Prabowo Subianto di sebuah hotel di Makkah. (foto: PA 212 for ngopibareng.id)

Tak Direncanakan

Ketua PA 212 Slamet Maarif mengaku pertemuan rombongan Prabowo dan Amien Rais di pelataran Ka’bah pada Sabtu (2/6/2018), tidak disengaja dan tidak direncanakan. "Seusai melaksanakan ibadah thawaf, mereka terlihat saling sapa penuh persahabatan," ujar Slamet Maarif.

Prabowo Subianto dan Amien Rais bertemu saat melakukan umrah di Baitullah foto PA 212 fot ngopibarengidPrabowo Subianto dan Amien Rais bertemu saat melakukan umrah di Baitullah. (foto: PA 212 fot ngopibareng.id)

Slamet menuturkan, Prabowo dan Amien Rais berdoa bersama di depan kabah demi kebaikan Indonesia. Setelah itu, Prabowo dan Amien Rais melanjutkan pertemuan di sebuah hotel. Dia tidak menyebutkan nama hotelnya. Slamet menjelaskan, pertemuan digelar setelah melaksanakan salat subuh berjemaah.

"Bertukar pikiran untuk kemasalahatan umat dan kesempatan itu dimanfaatkan untuk menyampaikan hasil rakornas persaudaraan alumni 212," ucap Maarif.

Disinggung soal kemungkinan Prabowo dan Amien Rais bertemu dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab, Slamet mengaku akan menjadwalkannya.

"Insya Allah akan segera dipertemukan," singkatnya.  (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 07:14 WIB

Karantina di Asrama Haji, Wajib bagi Jamaah Umrah ke Baitullah

Khazanah

Sesuai peraturan Arab Saudi, jamaah umrah dan haji divaksinasi

16 Jan 2021 09:08 WIB

Wajib, Jamaah Divaksin Covid-19 Sebelum Haji dan Umrah

Khazanah

Diberlakukan Pemerintah Arab Saudi bagi tamu di Masjidil Haram

03 Jan 2021 09:10 WIB

Mengenang Gus Dur, Menerawang Amien Rais

Catatan Arif Afandi

NU dan Muhammadiyah, dua organisasi keagamaan terbesar di Indonesia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...