50 negara bagian di Amerika Serikat waspada atas kerusuhan suporter Donald Trump, menjelang pelantikan Joe Biden. (Ilustrasi/unsplash.com)
50 negara bagian di Amerika Serikat waspada atas kerusuhan suporter Donald Trump, menjelang pelantikan Joe Biden. (Ilustrasi/unsplash.com)

Pra Pelantikan, 50 Negara Bagian Waspada Kerusuhan Suporter Trump

Ngopibareng.id Internasional 17 January 2021 11:38 WIB

Amerika Serikat bersiap melangsungkan pelantikan untuk presiden terpilih Joe Biden, pada Rabu, 20 Januari 2021, pekan depan. Kini 50 negara bagian menyatakan siaga atas kerusuhan dari pendukung Donald Trump.

Dilansir dari BBC, kesiagaan negara bagian bersumber dari informasi FBI, terkait kemungkinan kerusuhan pendukung Donald Trump di 50 pusat kota negara bagian. Sejumlah negara bagian kini memiliki kebijakan berbeda guna mencegah kemungkinan itu, mulai dari memasang pagar di balaikota mereka, hingga mengeluarkan larangan unjuk rasa.

Gubernur Maryland, New Mexico, dan Utah telah mengumumkan status darurat untuk mengantisipasi kerusuhan. Sedangkan California, Pennsylvania, Michigan, Virginia, Washington, dan Wisconsin, mengaktifkan Tentara Nasional, sementara Texas menutup kantor balaikota mereka, sejak Sabtu hingga hari inagurasi, pada 20 Januari 2021.

Sejumlah pakar menilai, negara bagian dengan hasil pemilihan yang paling kompetitif, berpotensi tinggi terjadinya kerusuhan. Salah satunya seperti Michigan, yang kini memasang pagar setinggi enam kaki mengelilingi balaikota mereka di Lansing.

Rombak Total Kebijakan

Sementara, Joe Biden sendiri telah mengumumkan sejumlah kebijakan baru yang akan diekseksui, setelah ia menjalani pelantikan sebagai Presiden Amerika Serikat.

Di antaranya ia akan membawa Amerika Serikat kembali masuk dalam perjanjian Iklim Paris, sebuah pakta global melawan emisi karbon.

Joe Biden juga akan menghapus daftar kontroversial berisi larangan penduduk dari sejumlah negara muslim masuk ke Amerika Serikat. Serta akan menerapkan wajib masker di wilayag Federal dan ketika melakukan bepergian lintas negara bagian. (Bbc)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:36 WIB

Posko di Tingkat Desa Efektif Memperkuat PPKM Mikro

Nasional

Pos komando (Posko) tingkat desa dan kelurahan memperkuat PPKM.

09 Mar 2021 07:21 WIB

Kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Ke BPCB Jatim

Nasional

Menguatkan literasi masa lalu sebagai fondasi masa depan.

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...