Presiden Polandia Andrzej Duda. (Foto: Istimewa)

Positif Covid-19, Presiden Polandia Jalani Isolasi Mandiri

25 Oct 2020 14:56

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Presiden Polandia Andrzej Duda dinyatakan positif terinfeksi virus corona, pada Jumat 23 Oktober 2020. Kabar ini disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Kepresidenan Polandia, Blazej Spychalski melalui akun Twitter.

Spychalski menjelaskan kondisi Presiden Duda saat ini stabil dan baik-baik saja. Ia menyebut, pria 48 tahun itu langsung melakukan karantina mandiri begitu mengetahui dirinya terpapar Covid-19.

”Presiden kemarin diuji keberadaan virus corona. Hasilnya ternyata positif. Presiden baik-baik saja. Kami terus berhubungan dengan layanan medis terkait,” kata Blazej Spychalski di Twitter seperti dilansir dari Reuters.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Polandia, Waldemar Kraska meminta semua pihak yang sempat menjalin kontak dengan Presiden Duda untuk segera melakukan karantina mandiri. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi penyebaran virus corona semakin meluas.

Salah satu orang yang ditemui Duda dalam beberapa hari terakhir adalah bintang tenis Iga Swiatek. Setelah mendengar presiden terinfeksi Covid-19, Swiatek langsung menjalani isolasi mandiri. Sejauh ini, Swiatek menyebut dirinya maupun timnya sama sekali tidak merasakan gejala virus corona.

"Saya maupun anggota tim tidak memiliki gejala virus corona. Kami melakukan tes secara teratur. Kami akan mengkarantina diri kami sendiri sesuai dengan prosedur saat ini,” kata pria berusia 19 tahun itu dalam sebuah posting Twitter.

Sebagai informasi, Polandia sedang menghadapi lonjakan kasus infeksi Covid-19 harian. Bahkan, Polandia mencatatkan 13.632 kasus baru hanya dalam waktu 24 jam, pada Jumat 24 Oktober 2020. Hal ini membuat Polandia mencatat 228.318 kasus, dengan total kematian 4.172 jiwa dan 105 ribu orang lainnya telah sembuh.

Pemerintah Polandia sejak Sabtu mulai memberlakukan lebih banyak pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat di Polandia demi mengendalikan penyebaran Covid-19.

Beberapa pembatasan, di antaranya penutupan restoran dan bar selama dua minggu.

Sekolah-sekolah juga akan ditutup dan hanya siswa kelas tiga saja yang boleh masuk, sedangkan yang lainnya melakukan pembelajaran secara online. Pemerintah juga mendesak para lansia maupun orang yang memiliki komorbid untuk tetap di rumah saja.

Presiden Duda ikut menambah daftar kepala negara atau kepala pemerintahan yang terkonfirmasi positif Covid-19, di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Di sisi lain , pemerintah Kolombia mengumumkan bahwa Wakil Presiden Marta Lucia Ramirez dinyatakan positif terinfeksi corona, pada Jumat 23 Oktober lalu. Wapres berusia 66 tahun itu tidak menunjukkan gejala dan kondisinya sehat. Sebelumnya, Ramirez muncul di siaran televisi malam bersama dengan Presiden Ivan Duque. Namun Duque telah menjalani tes virus corona dan hasilnya dinyatakan negatif.