Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melihat Pondok Trawang sebelum menikmati menu ikan bakar ditempat itu (foto : Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Pondok Trawang Ikan Bakar, Destinasi Baru Kuliner Banyuwangi

Nguliner Yuk 24 July 2020 21:49 WIB

Banyuwangi miliki satu destinasi kuliner baru yang harus dicoba yakni Pondok Trawang Ikan Bakar. Lokasinya di kawasan Plengsengan, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi.

Tempat ini secara resmi dilaunching Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat, 24 Juli 2020 petang.

Dinamakan Pondok Trawang karena destinasi kuliner ikan bakar ini memiliki tempat makan yang unik. Yakni pondok yang rangkanya terbuat dari besi dengan dinding dan atap dari plastik transparan.

Di dalam pondok ini telah lengkap meja dan kursi untuk pengunjung. Di lokasi ini terdapat belasan warung ikan bakar untuk dipilih.

"Ini merupakan inovasi new normal pariwisata, di satu sisi UKM terus tumbuh," kata Bupati Anas, saat melaunching Pondok Trawang Ikan Bakar.

Ada 10 pondok tranparan di lokasi ini. Pondok-pondok ini adalah terobosan Pemkab Banyuwangi untuk menghadapi era adaptasi new normal.

Dengan keberadaan pondok-pondok transparan itu diharapkan perekonomian masyarakat menggeliat namun pencegahan penularan Covid-19 tetap berjalan maksimal.

Anas menambahkan, banyak hal yang bisa diperoleh dengan keberadaan destinasi Pondok Trawang ini. Mulai dari pembinaan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), pelibatan masyarakat dan inovasi.

Menurutnya, UMKM perlu kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing dan terus tumbuh. "Ini adalah kolaborasi antara masyarakat kampung ini dengan Pemerintah Daerah. Mudah-mudahan ini menjadi destinasi baru pada era new normal," katanya.

Lokasi Pondok Trawang berada di tepi pantai berbatasan langsung dengan pantai Marina Boom. Sehingga pengunjung bisa menikmati menu ikan bakar sambil menikmati pemandangan air laut dan perahu-perahu nelayan yang berjajar.

"Ini kalau pas (air laut) pasang bagus sekali. Sehingga nanti orang pada saat new normal bisa makan ikan bakar pada saat yang sama kita bisa mendapatkan experience. New normal tapi keren menurut saya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Anas sempat mencoba menikmati ikan bakar Pondok Trawang. Diapun memuji citarasa ikan bakar yang disajikan.

"Ikan bakarnya saya sudah coba enak sekali. Ke Banyuwangi selain makan di restoran-restoran ternama saya kira perlu dicoba di restoran di pinggir Kampung Mandar ini," katanya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...