Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution saat ditemui di ruangannya. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Polresta Malang Waspadai Arus Balik Libur Panjang

28 Oct 2020 22:08

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Polresta Malang Kota mewaspadai adanya kepadatan lalu-lintas ketika memasuki arus balik libur panjang nanti. Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution menuturkan, kemungkinan kepadatan kendaraan menuju Kota Malang terjadi pada arus balik libur panjang.

"Kami fokus dan antisipasi dengan arus balik libur panjangnya. Karena usai berlibur, masyarakat mungkin akan berdatangan ke Kota Malang untuk sekadar jalan-jalan dan menikmati kulinernya," tuturnya pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Menurut pria yang akrab disapa Rama ini, ketika arus kedatangan wisatawan saat musim libur panjang arus lalu-lintas di Kota Malang terpantau lancar. Ia mengatakan, kebanyakan arus kendaraan melewati arah Karangploso untuk menuju Kota Batu.

"Karena sebagian besar arus lalu lintas keluar dari arah Exit Tol Singosari, lalu ke arah Karangploso kemudian menuju ke wilayah Kota Batu. Sehingga kepadatan arus lalu lintas pada masa libur panjang dimungkinkan akan terjadi di wilayah Kabupaten Malang," katanya.

Ia memprediksi peningkatan arus lalu lintas di Kota Malang hingga sore ini hanya mencapai sekitar 20 persen saja, dan masih didominasi oleh kendaraan lokal Malang.

"Dan kebanyakan kendaraan yang melintas di Kota Malang masih didominasi oleh plat nomor Kota Malang sendiri," terangnya.

Rama mengungkapkan sempat terjadi kepadatan lalu-lintas di Kota Malang sekitar pukul 12.00 WIB. Namun, lanjut Rama hal ini hanya berlangsung sekitar 15 menit saja.

"Dari pantauan kami hingga pukul 17.00 WIB, belum terlihat adanya peningkatan arus lalu lintas kendaraan secara signifikan," ujarnya.

Dalam masa liburan panjang ini, Satlantas Polresta Malang Kota menurunkan sebanyak 142 personel untuk mengurai kemacetan lalu-lintas ketika banyak wisawatan yang berdatangan ke Kota Malang.

"Di seluruh ruas jalan utama di Kota Malang telah kami tempatkan petugas. Seluruh pos lalu lintas juga telah kami isi dengan petugas," tuturnya.