Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat ditemui di Kodim 0833 Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat ditemui di Kodim 0833 Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Kawal Distribusi Vaksin, Polresta Malang Siapkan Tim Khusus

Ngopibareng.id Jawa Timur 08 January 2021 10:35 WIB

Polresta Malang Kota sudah menyiapkan langkah pengamanan kedatangan vaksin. Rencananya vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara simbolis pada pertengahan Januari 2021. Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, Polresta Malang sudah menyiapkan tim khusus untuk mengamankan kedatangan vaksin ke Kota Malang.

"Ya itu sudah ada SOPnya (penyiapan tim khusus) nanti akan kami siapkan sesuai dengan pengamanan baik bak terbuka atau tertutup," ujarnya pada Jumat 8 Januari 2021.

Persiapan pengamanan kedatangan vaksin dengan mengerahkan tim khusus tersebut kata Leo adalah untuk meminimalisir risiko yang dapat merusak barang tersebut.

"Termasuk juga untuk pengaman sepanjang jalur kedatangan. Karena perlu diingat barang ini langka dan sangat berharga. Jadi kami tidak bisa ambil risiko dengan pengamanan, seandainya tidak bisa," katanya.

Terkait waktu kedatangan vaksin, Leo mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk jadwal distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

"Tapi mengenai perintah pengambilan, kami juga belum dan masih menunggu untuk melakukan pengawalan," ujarnya.

Selain melakukan pengawalan saat kedatangan vaksin, pihaknya juga akan melakukan pengamanan ketika penyimpanan vaksin di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kota Malang.

"Kami koordinasi dengan pihak Pemkot Malang dari Dinas Kesehatan itu sudah ada wadahnya untuk tempat penyimpanannya (vaksin) di Kota Malang sudah disiapkan," ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana akan menjalani vaksinasi tahap pertama, untuk kategori tenaga medis pada pertengahan Januari 2021, nanti. Proses vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan selama dua bulan.

Pemkot Malang sedang melakukan rekonsiliasi data. Langkah tersebut dilakukan agar nantinya semua tenaga medis mendapatkan vaksinasi secara menyeluruh.

Pemkot Malang sendiri akan segera merilis jadwal pelaksanaan vaksinasi pasca acara simbolis vaksinasi secara serentak pada 13 Januari 2021, nanti. Adapun keempat tahapan vaksinasi tersebut yaitu tahap pertama, vaksinasi untuk tenaga medis, tahap kedua, vaksinasi untuk petugas pelayanan publik, tahap ketiga vaksinasi untuk masyarakat rentan dan tahap keempat untuk masyarakat lainnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Mar 2021 01:25 WIB

Haedar Nashir: Tradisi Menulis Ciri Khas Kader Muhammadiyah

Khazanah

Tulisan di media dikoreksi bahasa, substansi dan konteks

07 Mar 2021 22:47 WIB

Gus Muid Kembali Dipilih Pimpin DPC PKB Kota Kediri

Politik

Muscab DPC PKB juga merekomendasikan Gus Muid maju Pilkada

07 Mar 2021 22:30 WIB

Quartararo Akui Kesulitan Pahami Motor M1

MotoGP

Quartararo berharap bisa lebih baik di latihan resmi kedua hari ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...