Massa aksi yang membawa poster Presiden Jokowi mirip Pinokio di depan Balai Kota Malang, jawa Timur. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)
Massa aksi yang membawa poster Presiden Jokowi mirip Pinokio di depan Balai Kota Malang, jawa Timur. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Polresta Malang Selidiki Kasus Poster Jokowi Mirip Pinokio

Ngopibareng.id Jawa Timur 28 October 2020 12:30 WIB

Satreskrim Polresta Malang Kota akan segera melakukan pemeriksaan terkait kasus poster, yang menggambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mirip tokoh kartun asal Italia, yaitu Pinokio. Poster ini viral saat aksi tolak Omnibus Law di depan Balai Kota Malang pada 23 Oktober 2020.

Di poster tersebut ditampakkan bahwa Jokowi memiliki hidung panjang yang mirip seperti Pinokio. Dalam cerita kartun tersebut, jika Pinokio sering berbohong maka hidungnya akan bertambah panjang.

Saat aksi berlangsung kepolisian juga sempat mengamankan poster tersebut. Kasatreskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu menerangkan masih mendalami kasus poster Jokowi mirip Pinokio itu.

"Nanti akan kami dalami lagi. Karena kami tidak tahu yang mana juga (pembawa poster). Karena tidak diamankan juga (saat aksi)," ungkapnya melalui sambungan telepon seluler, pada Rabu 28 Oktober 2020.

Azi mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan proses identifikasi terkait massa aksi yang membawa dan menampakkan poster Jokowi mirip Pinokio itu di ruang publik. "Langkah terdekat kami lakukan penyelidikan dulu," tuturnya.

Terkait delik hukum yang bisa dikenakan kepada pembawa poster Jokowi mirip Pinokio tersebut, Azi menyatakan hal itu masih akan diselidiki terlebih dahulu. "Nanti kami lihat penyelidikannya seperti apa. Lalu akan kami lihat pelanggarannya bagaimana," katanya.

Diberitakan sebelumnya, massa aksi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Malang menggelar demonstrasi di depan Balai Kota Malang.

Mereka menuntut agar Presiden Jokowi untuk segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk membatalkan UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Selain itu puluhan demonstran juga membawa beberapa perangkat aksi seperti poster Presiden Jokowi yang digambarkan berhidung panjang yang identik tokoh kartun asal Italia, yaitu Pinokio.

Melihat hal itu aparat Kepolisian dari Polresta Malang Kota langsung mengambil perangkat aksi yang menggambarkan Presiden Jokowi seperti Pinokio tersebut.

"Saya tidak bisa mentolerir ada lambang negara atau Pak Presiden kita, hidungnya dibuat panjang," terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata pada Jumat 23 Oktober 2020.

"Akan kami proses. Nanti kami lihat lagi (proses hukumnya) yang bersangkutan juga masih akan dipantau," sambungnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 09:39 WIB

Puasa dan Sedekah Ada Batas, Anjuran Zikir Sebanyak-banyaknya

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya

27 Nov 2020 09:20 WIB

Liburkan Tim, Madura United Tunggu Jaminan Kepastian Liga

Liga Indonesia

Meski PSSI dan LIB sudah mengummkan liga digelar Februari.

27 Nov 2020 09:07 WIB

Meski dari Habaib, Para Wali Sembunyikan Marga

As’ad Said Ali

Salam Ukhuwah untuk Para Habaib

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...