Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono saat membagikan masker kepada warga di Kampung Glintung, Kelurahan Polowijen, Kota Malang, Jawa Timur. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Polresta Malang Fokus Pendisiplinan Masker Selama 2 Minggu

06 Aug 2020 20:10

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Polresta Malang Kota dalam dua minggu kedepan akan fokus untuk mendisiplinkan masyarakat agar patuh memakai masker. Agenda pendisplinan masyarakat agar memakai masker, merupakan instruksi langsung dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang kemudian ditindaklanjuti oleh Forkopimda Jawa Timur melalui program Jatim Bermasker.

"Kami melaksanakan apa yang diperintahkan oleh bapak Presiden. Jadi untuk dua minggu kedepan kami fokus agar masyarakat patuh menggunakan masker," Wakapolresta Malang Kota, AKBP Totok Mulyanto Diyono, pada Kamis 6 Agustus 2020.

Menindaklanjuti program Jatim Bermasker tersebut, Forkopimda Kota Malang, mulai membagikan masker kepada Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Bhayangkari dan Persatuan Istri Tentara (Persit).

"Kenapa kami memilih ibu-ibu. Karena mereka adalah pelindung keluarganya, apabila anak atau bapak tidak pakai masker mereka yang mengingatkan," kata Totok.

Forkopimda Kota Malang akan membagikan ribuan masker kepada masyarakat, secara bertahap. Untuk besok, Jumat 7 Agustus 2020, pembagian masker akan dilakukan bersama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang akan berkunjung ke Malang.

Totok menuturkan selain membagikan masker, pihaknya juga akan terus memberikan sosialisasi terkait kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan lainnya.

"Seperti sosialisasi cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga sosialisasi penerapan jaga jarak (physical distancing), akan kami lakukan secara bertahap," ungkapnya.

Maka dari itu Totok menyampaikan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kami mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, masyarakat perlu memahami bahwa wabah covid-19 masih ada. Sementara, roda perekonomian harus tetap berputar. Jadi, tetap jaga kesehatan," tutupnya.