Sejumlah jalan utama di Bandung, Jawa Barat, ditutup sebagai antisipasi wabah corona. (Foto: Istimewa)

Polres Bandung Bagi Tiga Zona Atasi Corona

Nasional 29 March 2020 08:25 WIB

Pemerintah Kota Bandung melakukan penertiban keramaian di pusat ibu kota provinsi Jawa Barat itu, sejak Sabtu 28 Maret 2020 malam. Ini merupakan upaya mencegah penularan virus corona atau Covid-19 lebih luas.

Walikota Bandung Oded M Danial turun langsung memantau kegiatan penertiban yang didukung satuan dari Polrestabes Bandung tersebut. Keputusan menertibkan kerumunan atau physical distancing itu dilakukan setelah dilakukannya rapat forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) bersama Polri dan TNI.

Dikutip dari Antaranews, kawasan Jalan Asia Afrika sekitar Gedung Merdeka hingga Alun-alun, menjadi titik fokus penertiban dengan melibatkan sekitar 350 personel gabungan.

“Karantina wilayah sedang diupayakan dengan cara melakukan penutupan di sejumlah ruas jalan. Pak Kapolrestabes membagi tiga zona untuk terus melakukan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat (tidak berkerumun),” ujar Oded.

Menurut Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Ulung Sampura Jaya, tiga zona antara lain (Bandung) barat, timur dan tengah.

“Kebijakan tersebut berlaku dari siang hingga malam. Kami akan tindak tegas biar tidak makin merebaknya virus corona. Bila perlu ada undang-undang yang berlaku agar tidak terjadi penyebaran corona," ujar Ulung.

Sementara itu, sosialisasi untuk tetap di rumah terus disampaikan kepada warga agar tidak ada lagi orang yang terjangkit virus corona.

"Saya mengimbau warga Bandung memaknai corona agar kita kembali ke rumah. Oleh karena itu, baik yang dari yang luar kota masuk ke Bandung untuk menahan diri. Termasuk yang di dalam Bandung agar tidak menyebar (keluar rumah)," tegas Ulung.

Kabar penutupan sejumlah ruang jalan di Bandung juga diumumkan di akun Instagram @tmcpolrestabesbandung.

"Mulai malam ini sampai seterusnya jl. Asia afrika, jl. Braga panjang, jl. Braga pendek, Tamblong Naripan dan Tamblong AA akan di lakukan penutupan. Penutupan ini berlaku situasional. #diamdirumahaja," begitu tulis @tmcpolrestabesbandung, Sabtu 28 Maret 2020.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 09:10 WIB

Sinopsis Angel's Last Mission: Love, Kim Dan Pamit

ngopiK-pop

Kim Dan pamit. Dia mengundurkan diri dari posisinya sekretaris Yeon Seo.

13 Jul 2020 08:55 WIB

Napoli Berbagi Satu Angka dengan Milan

Liga Italy

Kemenangan Napoli pupus setelah Milan mendapat hadiah penalti.

13 Jul 2020 08:55 WIB

Kunci Jawaban SD Kelas 4-6: Asyiknya Berkebun

Pendidikan

Program Belajar dari Rumah SD kelas 4-6 berisi materi Asyiknya Berkebun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...