Polisi Tangkap Belasan Pendemo di Jakarta

22 May 2019 03:45 Politik

Polisi kembali mengamankan tiga orang saat menyisir area Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu 22 Mei 2019 Pukul 01.30 WIB.

Salah satu orang diamankan polisi di Jalan Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat, kemudian polisi juga menyisir dari Jalan Wahid Hasyim ke arah Stasiun Gondangdia.

Saat melakukan penyisiran kembali, polisi menemukan dua orang bersembunyi di sekitar Jalan Wahid Hasyim. Satu orang diamankan saat bersembunyi di sebuah lorong yang gelap. Setelah itu, satu orang lagi diamankan. Orang tersebut bersembunyi di balik mobil.

Polisi sempat mengeluarkan peringatan tiga kali ke massa. Karena massa tetap bertahan, polisi menembakkan gas air mata. Massa pun berpencar. Ada yang lari ke arah Jalan Wahid Hasyim, ada juga yang ke arah Blok A Pasar Tanah Abang. Massa sempat melawan dengan melemparkan botol kaca.

Sebelumnya, polisi sempat menangkap sejumlah pendemo karena tak mau membubarkan diri di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalah MH Thamrin, Jakarta, Selasa pukul 22.30 WIB .

Terjadi bentrokan antara massa aksi dan kepolisian terjadi di depan Bawaslu RI. Bentrokan tersebut berakhir dengan penangkapan yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap massa aksi yang masih berunjuk rasa. Tampak belasan pendemo ditangkap karena memprovokasi aparat yang bersiaga di depan kantor Bawaslu.

Massa yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) semula sudah dibubarkan polisi pukul 21.00 WIB. Berselang 30 menit kemudian, ratusan pendemo datang lagi ke depan kantor Bawaslu.

Massa bertahan selama 1 jam di sana hingga polisi menangkap. Saat massa datang lagi Pukul 22.00 WIB, pendemo merusak rangkaian kawat berduri yang dipasang di depan Bawaslu, meski sudah dicegah oleh polisi.

Massa juga melontarkan cercaan ke polisi yang berjaga. Sebagian pendemo diketahui mengajak duel seorang personel kepolisian. Massa dari GNKR ini menuntut pengusutan kecurangan yang terjadi selama Pemilu 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2019, Selasa 21 Mei 2019 pukul 01.46 dini hari. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini