Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifudin (foto : Hujaini/ngopibareng.id)

Polisi Periksa Kejiwaan Bule Belanda Pelaku Pembunuhan

Kriminalitas 26 December 2019 14:25 WIB

Penyidik Polresta Banyuwangi mendatangkan ahli psikologi untuk memeriksa kejiwaan Hendrik Tibboel, 56 tahun, bule asal Belanda yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Nur Hofiani, 42 tahun.

Polisi menduga masih banyak yang disembunyikan Hendrik Tibboel dalam pemeriksaan.

"Hari ini kita melakukan tes psikologi pada HT. Dimana, diduga yang bersangkutan pada saat menjawab pertanyaan dari penyidik mengalami kesulitan," kata Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifudin, Kamis, 26 Desember 2019.

Dugaan sementara, lanjutnya, masih banyak hal yang harus disampaikan oleh tersangka Hendrik Tibboel pada penyidik. Namun tersangka sepertinya masih mencoba menyembunyikan keterangannya.

"Namun masih di-keep sama yang bersangkutan. Oleh yang bersangkutan belum digelontorkan semua," ujarnya.

Arman menyampaikan, hingga saat ini Konsulat Jenderal Belanda belum kunjung datang ke Polresta Banyuwangi. Padahal sejak awal penangkapan tersangka, langsung dilakukan koordinasi dengan Konsulat Jenderal Belanda.

"Dari konsulat juga menyampaikan akan secepatnya datang ke Polresta Banyuwangi untuk melihat kondisi tersangka," ujar mantan Wadir Reskrimsus Polda Jawa Timur ini.

Hingga hari ini, menurut Kapolres, juga belum ada pendampingan hukum dari konsulat Belanda yang diberikan pada Hendrik Tibboel. 

"Tapi kita sifatnya jemput bola agar mempercepat proses hukum sehingga ada suatu kejelasan terhadap yang bersangkutan dalam proses hukum," katanya.

Hendrik Tibboel diduga melakukan pembunuhan pada mantan istrinya Nur Hofiani. Bule yang tinggal di Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro ini membunuh korban dengan menjerat lehernya, Senin, 23 Desember 2019 dinihari. Hendrik Tibboel menghabisi korban yang sedang tidur.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2020 18:26 WIB

Ditemui Khofifah, Warga Penolak Tumpang Pitu Telan Kecewa

Jawa Timur

Warga kecewa dengan hasil pertemuan.

27 Feb 2020 14:34 WIB

Sebelum Berangkat, Warga Tumpang Pitu dapat 'Kunjungan' Ormas

Jawa Timur

Mengaku dari salah satu ormas dan mengaku terganggu dengan warga

26 Feb 2020 11:25 WIB

Lego Jangkar di Selat Bali, KM Victori Utama Ludes Terbakar

Jawa Timur

KM Victoria Utama terbakar saat Lego jangkar di perairan selat Bali

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.