Petugas menegur salah seorang pengendara mobil yang akan menyeberang ke Bali. Mereka mengenakan maskernya di bagian dagu. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Petugas menegur salah seorang pengendara mobil yang akan menyeberang ke Bali. Mereka mengenakan maskernya di bagian dagu. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Polisi Imbau Warga Tetap Taati 3M saat Liburan

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 27 October 2020 15:10 WIB

Kepolisian meminta masyarakat yang hendak menghabiskan liburan panjang, mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Tak terkecuali masyarakat yang akan berlibur ke Bali melalui Pelabuhan penyeberangan Ketapang, Banyuwangi. Petugas tetap melakukan pengawasan terkait penerapan kesehatan pada penumpang yang akan menggunakan jasa penyeberangan.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi Iptu Sudarso mengatakan, menghadapi liburan panjang ini pihaknya telah mendirikan pos pantau di depan pintu masuk pelabuhan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Pos ini didirikan untuk memantau arus kendaraan dan penumpang yang akan menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang," jelasnya.

Pria yang akrab dipanggil Darso ini menyatakan, sejauh ini belum ada peningkatan volume kendaraan maupun penumpang yang menuju ke Bali melalui pelabuhan Ketapang. Meski demikian pihaknya tetap melakukan pengawasan yang selama ini sudah rutin dilakukan. Seperti melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan identitasnya.

Yang tidak kalah penting, menurut Darso, karena pandemi Covid-19 masih belum berakhir maka seluruh calon pengguna jasa penyeberangan tetap menerapkan 3M selama dalam perjalanan. Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yakni wajib memakai masker, wajib mencuci tangan serta wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Yang pasti wajib menggunakan masker. Sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer serta menghindari kerumunan," tegas Darso.

Dia menambahkan, jika ada pengendara atau calon penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker atau tidak menggunakan masker dengan baik dan benar maka akan dilakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau ada yang  melanggar, kita akan berikan sanksi mulai teguran, teguran tertulis atau sanksi denda," tegasnya.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitanganpakaisabun

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Dec 2020 09:00 WIB

Mensos Ditangkap, KPK Sita Barang Bukti Uang Rp14,5 Miliar

Nasional

KPK sita barang bukti uang senilai Rp14,5 miliar dari penangkapan Mensos.

06 Dec 2020 08:13 WIB

Jadi Tersangka Dana Bansos Covid-19, Ini Kekayaan Mensos

Korupsi

Kekayaan Mensos Juliari sesuai LHKPN tercatat sebanyak Rp47,18 miliar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...