Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo ketika gelar perkara. (Foto: Istimewa)
Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo ketika gelar perkara. (Foto: Istimewa)

Polisi Bongkar Jaringan Pengedar Sabu-sabu Antarpulau

Ngopibareng.id Kriminalitas 27 January 2021 21:23 WIB

Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap jaringan pengedar sabu-sabu antar pulau. Dari pengungkapan tersebut polisi mengamankan 6 tersangka.

Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan, pengungkapan sindikat pengedar sabu ini bermula dari penangkapan dua tersangka yakni Jois Sandi, 30 tahun, dan Zanuar, 17 tahun. Jois ditangkap di Jalan Jatisari Besar Sidoarjo, sementara Zanuar ditangkap di Jalan Sambisari, Surabaya. 

"Dari penangkapan dua tersangka ini kita mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 54 gram," katanya dalam gelar perkara, Rabu, 27 Januari 2021 di Mapolrestabes Surabaya. 

Lanjut Hartoyo, dari dua tersangka ini, pihaknya mengembangkan kasus dengan menangkap 4 tersangka lagi, yakni Holil, 42 tahun, Dedy Irawan, 31 tahun, Rusli, 25 tahun, dan Ariyansa, 25 tahun. Keempat tersangka ini ditangkap di Jambi.  

"Holil dan Dedy Irawan ditangkap di dalam mobil saat akan mengantarkan sabu-sabu ke Jawa. Sementara, Rusli dan Ariyansa ditangkap di mobil yang berbeda saat hendak beli bensin," kata Hartoyo. 

Kata Hartoyo, dari penangkapan Holil dan Dedy Irawan berhasil diamankan barang bukti berupa sabu-sabu yang disimpan di bawah karpet jok mobil seberat 8 kg. Sementara dari penangkapan Rusli dan Ariyansa tidak ditemukan barang bukti. 

Kepada penyidik, Holil, Dedy Irawan, Rusli, dan Ariyansa mengaku telah mengirim sabu-sabu sebanyak 3 kali kepada tersangka Jois Sandi dan Zanuar. Sabu itu dikirim melalui jalur darat.

"Pelaku mengaku telah mengirimkan sabu ke Jawa Timur sebanyak 3 kali yaitu pada bulan November 2020 sebanyak 22 kg, bulan Desember 2020 sebanyak 10 Kg, dan Januari 2021 sebanyak 8 Kg. Namun pada pengiriman ketiga ini kita berhasil menangkapnya," kata dia.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 115, pasal 114, pasal 112, UU nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau hukuman mati. 

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 01:00 WIB

Sunggyu INFINITE Putus Kontrak dengan Woollim Entertainment

ngopiK-pop

Kontrak Sunggyu INFINITE dengan agensi berakhir 6 Maret.

02 Mar 2021 00:43 WIB

Glenca Chysara "Elsa Ikatan Cinta" Rekaman Lagu Tanpa Batas

Musik

Glenca Chysara rekaman soundtrack sinetron Ikatan Cinta.

02 Mar 2021 00:28 WIB

Pemeran Elsa di Sinetron Ikatan Cinta Pamit dari Instagram

Gosip Artis

Untuk sementara akun Instagram pemeran Elsa itu dipegang manajemen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...