Mobil yang membawa minuman probiotik yang siap diminum. Mobil ini berkeliling untuk membagikan minuman probiotik pada masyarakat (foto:Muh Hujaini/ngopibareng.id)
Mobil yang membawa minuman probiotik yang siap diminum. Mobil ini berkeliling untuk membagikan minuman probiotik pada masyarakat (foto:Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Klaim Bisa Cegah Covid-19, Polresta Banyuwangi Bagikan Probiotik

Ngopibareng.id Jawa Timur 17 September 2020 20:07 WIB

Polresta Banyuwangi mendistribusikan cairan probiotik ke jajaran polsek di seluruh Banyuwangi. Probiotik ini kemudian akan diberikan kepada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, suspect atau yang menjadi tracing.

Dengan mengkonsumsi probiotik diharapkan bisa mencegah masyarakat dari virus Corona.

"Polresta telah mendistribusikan probiotik ke jajaran polsek. Di mana satu polsek kita beri minimal 5 liter maksimal 10 liter," jelas Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, Kamis, 17 September 2020.

Banyaknya probiotik yang didistribusikan ke masing-masing polsek, bergantung jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah polsek bersangkutan. Karena probiotik ini memang diberikan untuk warga yang menjadi tracing penularan Covid-19, suspect atau yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jadi kita distribusikan. Kemudian di-profiling berapa jumlah masing-masing kecamatan orang yang terkonfirmasi atau tracing-nya," tegasnya.

Selanjutnya, polsek berkoordinasi dengan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka). Dari Forpimka kemudian diteruskan ke masing-masing Babinsa dan Bhabinkamtibas untuk didistribusikan pada orang yang terkonfirmasi atau dalam tracing penularan Covid-19.

"Tujuannya membantu treatmen yang dilakukan dari Dinas Kesehatan. Yang kedua untuk mencegah, karena probiotik itu tujuannya mencegah," terangnya.

Mengenai dosis penggunaan cairan probiotik tersebut, untuk pencegahan, satu sendok probiotik dicampur dengan satu gelas air putih dan diminum tiga kali sehari. Diminum pada pagi, siang dan malam.

"Apabila dia terkena Covid-19 maka tiga sendok dalam satu kali minum jadi 9 sendok dalam sehari," pungkasnya.

Selain didistribusikan ke polsek-polsek, Polresta Banyuwangi juga menyediakan mobil khusus yang membawa cairan probiotik yang sudah siap minum. Mobil pembawa probiotik ini berkeliling ke tempat-tempat tertentu agar masyarakat bisa mengkonsumsinya secara gratis.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 14:56 WIB

Ubaya Rancang Dekontaminasi APD untuk Permudah Nakes Lepas Hazmat

Teknologi dan Inovasi

Dekontaminasi APD untuk permudah nakes melepas APD.

01 Dec 2020 14:45 WIB

Positif Covid-19, Aktor Darth Vader Tanpa Keluarga hingga Wafat

Selebriti

Aktor Darth Vader, David Prowse meninggal karena Covid-19.

01 Dec 2020 14:30 WIB

Berangsur-angsur Pengungsi Gunung Semeru Kembali ke Rumah

Jawa Timur

Dari pagi sampai siang, tercatat hanya sekali guguran lava.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...