Warga Amerika Ditangkap Polisi Karena Simpan Narkotika

28 Nov 2018 05:37 Kriminalitas

Satuan Reserse Narkoba (satrekoba) Polretabes Surabaya mengamankan seorang warga negara asing (WNA) asal Amerika Serikat bernama Alex Daniel, 28 tahun.

Pasalnya pria yang menjadi guru Bahasa Inggris di sebuah sekolah di Surabaya saat ditangkap membawa narkoba jenis ganja bersama temannya bernama Edi Purwanto, 42 tahun warga Surabaya.

Kasatreskoba Polrestabes Surabaya, AKBP Indra Mardiana mengatakan pengungkapan kasus ini dari pengembangan kasus narkoba oleh Polsek Wonocolo.

Tersangka ditangkap oleh polsek Wonocolo saat melintas di Tenggilis Mejoyo bersama temannya Edi Purwanto 42 tahun. Dari Penangkapan tersebut ditemukan barang bukti berupa dua linting ganja yang disimpan dalam tasnya.

Kemudian, polisi juga menggeledah tempat tinggal tersangaka di apartemen Tenggilis Mejoyo. Dari penggeledahan apartemennya ditemukan beberapa linting ganja, biji ganja, sabu seberat 0,52 gram, alat isap sabu, gulungan alumunium foil, dan dua ponsel.

"Kasusnya dilimpahkan ke Polrestabes Surabaya karena status tersangka adalah WNA. Kami kemudian mengembangkan ke apartemen di Tenggilis Surabaya," kata AKBP Indra Mardiana, 27 November 2018.

Selanjutnya, kata Indra, polisi sudah berkoordinasi dengan Konsulat jendral Amerika terkait status kewarganegaraan Alex. "Kami sudah berkoordinasikan dengan Konjen Amerika. Sudah datang ke sana dan sebatas mendata saja. Tidak ada track record bermasalah," kata Indra Mardiana.

Atas perbuatan tersebut, tersangka dijerat pasal 14 ayat (1) Subs Pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (ocn)


Reporter/Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini