Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, di RS Bhayangkara Medan, Senin, 18 November 2019. (Foto: Ant)

Polda Sumut Tetapkan 23 Tersangka Kasus Bom Medan

Nusantara 18 November 2019 11:58 WIB

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara hingga Senin, 18 November 2019 menetapkan 23 orang sebagai tersangka bom Medan yang meledak di Markas Komando Polres Kota Besar (Polrestabes) Medan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto mengatakan bahwa mereka kini berada di Rumah Tahanan Polda. "Kemarin, jumlah tersangka bom Medan 18 orang. Hari ini ada tambahan lima orang," katanya, Senin, 18 November 2019.

Lanjut Agus, dari lima tersangka itu, dua di antaranya menyerahkan diri tadi malam didampingi Kepling Polsek Hamparan Perak.

Dari lima tersangka, Densus 88 Antiteror dan Polda Sumatera Utara menyita barang bukti berupa senjata rakitan, senapan angin, panah dan senjata tajam jenis sangkur. "Ini yang disita dari hasil penggeledahan terhadap tempat tinggal para (tersangka) pelaku," ujar Agus.

Agus menyebutkan tim gabungan akan terus melakukan pengembangan untuk mencari orang-orang yang terlibat dalam kasus bom Medan. "Siapapun yang masuk dalam jaringan kelompok ini, akan dilakukan upaya untuk memberikan rasa aman kepada warga Sumatera Utara," ujarnya.

Kata Agus, para tersangka ini sempat melakukan persiapan dan latihan di Tanah Karo, Sumatera Utara.

"Karena dari racikan bahan peledak dan temuan bahan-bahan yang kita temukan di beberapa TKP. Kemudian mereka juga ada senpi rakitan, senjata tajam, panah, kemudian senapan angin. Dan sebelumnya mereka ada latihan juga, latihan di daerah Tanah Karo, artinya mereka memang berlatih," katanya di RS Bhayangkara Medan. (ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 23:20 WIB

Menantu Jokowi, Bobby Nasution Nomor Urut 2 di Pilkada Medan

Pilkada

Pasangan Akhyar-Salman dapat nomor urut 1, sedangkan Bobby Nasution 2.

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

23 Sep 2020 23:13 WIB

Menara Eiffel Menerima Ancaman Bom

Internasional

Ancaman bom di Menara Eiffel ternyata ulah orang iseng.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...